Curriculum Vitae

Yusuf Darmawan
Fresh graduate in Public Administration from Universitas Indonesia, specializing in Public Management and Public Policy. Completed a thesis on Bank Indonesia's Consumer Complaint Handling Policy. I am an adaptive person who enjoys learning new things, building strong relationships, and working with data to create meaningful insights. I have a strong passion in business development for consumer engagement, communication/business relations, data analysis, and sales/marketing. I have experience in fast-paced administrative tasks, creating content (talent), and working with data to gather insight. In addition, I demonstrated leadership as the Head of Public Relations and Head of the Student Commission. I also actively participated in various committees, focusing on public relations, partnerships, liaison, and project officer roles.
Sedang berjalan
Universitas Indonesia
S1 • Business Administration • IPK 3.7
Agustus 2024 - Februari 2025
Jamkrindo Internship Program

PT Jaminan Kredit Indonesia • Magang
Agustus 2024 - Januari 2024
Data Analyst/Content Creator/Event Organizer at Tim Perlindungan Konsumen
Bank Indonesia • Magang
Salah satu peran BI adalah pelindungan konsumen atas produk dan/atau layanan yang menjadi kewenangan Bank Indonesia (diatur dalam PBI Perlindungan Konsumen No.3 Tahun 2023) untuk mendukung terciptanya stabilitas sistem keuangan dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.
Adapun tugas saya di KPw BI Jakarta:
1. Terlibat dalam proses Event Organizer/Kepanitiaan Edukasi Perlindungan Konsumen lewat berbagai acara seperti Talkshow, Seminar, Podcast, dll.
2. Menyusun Memorandum (Briefing Note), ToR (Term of Reference), Rundown, Surat Penyelenggara, Surat Nasabah, dan lainnya
3. Menjadi talent/host dalam pembuatan konten Edukasi: Instagram Reels
4. Membuat script Konten Edukasi Pelindungan Konsumen
5. Menganalisis permasalahan kasus pegaduan konsumen dari berbagai penyedia jasa pembayaran untuk kegiatan coaching clinic (pertemuan penyelengara dan BI Jakarta)
6. Mengolah berbagai data melalui excel, melakukan proses validasi data & generating insight from data pengaduan
7. Meninjau data pengaduan konsumen dari Januari - Juli 2024, membuat statistik berdasarkan penyelenggara yang banyak diadukan konsumen berdasarkan persentil
8. Mengerjakan penyusunan dokumen tindak lanjut pengaduan konsumen (mencakup kronologis permasalahan, landasan peraturan, dan detail pengaduan)
9. Mempelajari diseminasi kebijakan, regulasi, mengenai Perlindungan Konsumen
Juli 2024 - Juli 2024
Data Analyst at Divisi Sumber Daya Manusia (Human Resource Departement)
Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) • Magang
Adapun tugas saya dalam lokus Data Informasi serta Penilaian Kompetensi dan Pengembangan Manajerial dan Sosikultural yaitu:
a. Melakukan data analis/pengolahan data terkait dengan data asesmen konseling, dan melakukan proses validasi terhadapnya berdasarkan prioritas penanganan
b. Melalakukan updating data (pemuktahiran data) pegawai, yaitu merger PDF misalnya Karlina 1 dan Karlina 2 menjadi 1 file dengan nama Karlina. Proses dilakukan menggunakan coding ( Phyton) dengan output 200+ data PDF termerger secara otomatis menggunakan fungsi looping.
c. Melakukan data collecting/scraping data pegawai ASN, memproses lebih dari 300+ data menggunakan phyton untuk mempercepat prosesnya melalui pembuatan link otomatis yang mengarah ke web download dengan megacu pada pola nama, serta menggunakan fungsi Vlookup di Excel
d. Melakukan data entry terkait SKP (Sasaran Kinerja Pegawai) ASN pada e-office LKPP.
e. Pemaparan materi mengenai pengelolaan kinerja ASN seperti proses asesmen, misalnya penerbitan SKP
f. Memahami proses manajemen talenta (talent management) termasuk akuisisi talen (talent acquisition) di sektor publik, megacu pada Permanrb No. 3 Tahun 2020 dan implementasinya di LKPP yang mengacu pada KEPKLKPP No. 190 Tahun 2024
g. Memahami dan belajar di Ortala (Organisasi dan Tatalaksana) mengenai analisis jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK/Work Load Analysis) berdasarkan pada Permanrb No. 1 Tahun 2020, dan implementasinya di LKPP berdasarkan Kepala LKPP Nomor 206 Tahun 2024
Februari 2024 - Juni 2024
Legal Data Analyst/Pengolah Data Perundang-Undangan (Project Base: Pengembangan Teknologi Parser Dan Sistem Temu Kembali Pada Dokumen Peraturan Perundang-undangan)
Kementerian Keuangan • Magang
MSIB Batch 6 Kampus Merdeka. Dalam rangka meningkatkan kualitas penyajian peraturan perundang-undangan untuk Masyarakat dan stakeholder, Jaringan Informasi dan Dokumen Hukum (JDIH), Biro Hukum, Kemenkeu saat ini sedang mengembangkan teknologi parsing peraturan perundang-undangan yang dapat mengubah dokumen tidak terstruktur (PDF) menjadi terstruktur dalam bentuk Java Script Object Notation (JSON).
Adapun tugas pengolah data dalam project ini yaitu:
a. Ketua Tim Pengolah Data (terdiri dari 4 orang), berperan sebagai koordinator project
b. Mengolah 3000+ peraturan menteri keuangan berformat .json untuk memverifikasi hasil parsing dengan jumlah halaman 65.000+
c. Memproses lebih dari 500+ data regulasi menggunakan Python
d. Menjadi talent pembuatan video pengenalan produk hukum: Law Analyzer
e. Memahami analisis data menggunakan aplikasi Orange
f. Memahami struktur dan pembentukan peraturan perundang-undangan (UU, PP, Perpres, dan Peraturan Menteri Keuangan)
g. Mengidentifikasi pola-pola (pattern) perubahan dalam undang-undang dan peraturan
h. Membuat aturan konsolidasi (kombinasi dari beberapa perubahan aturan dalam satu dokumen)
i. Melakukan kontrol kualitas (Quality Assurance Management) pada hasil parser/proyek regulasi
j. Membuat ringkasan materi dan bahan paparan tentang generative AI, legal XML, dan lain-lain
k. Memahami ruang lingkup proyek dan mengelolanya (Manajemen Proyek Perangkat Lunak)
l. Melakukan penyimpanan data terstruktur dalam penyelesaian proyek (Manajemen Rekaman)
m. Menerapkan Basis Data dalam penyelesaian proyek (Manajemen Basis Data)
n. Menerapkan manajemen proyek berbasis data (Analisis Data Terapan)
o. Berkomunikasi dan bekerja sama dalam sebuah tim (Komunikasi Bisnis)
Oktober 2023 - Januari 2024
Business Development/Divisi Funding & Retail Sales Management
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk • Magang
Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA) BUMN. Tugas utama saya melibatkan:
1. Proses Admin:
a. Menangani segala aspek administratif di Regional Office, terutama yang berkaitan dengan Funding & Retail Payment.
b. Melibatkan proses pengarsipan, pengelolaan dokumen, dan penyusunan laporan administratif yang dibutuhkan oleh unit kerja.
c. Menjamin kepatuhan terhadap kebijakan perusahaan dalam hal administrasi.
2. Pengelolaan Kegiatan Mapping Potensi dan Persaingan Bisnis:
a. Melakukan pemetaan potensi bisnis di wilayah Regional Office.
b. Menganalisis kompetitor dan mengidentifikasi tren pasar (market trend) terkini.
c. Mengembangkan strategi tentang potensi dan persaingan bisnis di wilayah tersebut.
3. Manajemen Risiko di Unit Kerja:
a. Ikut serta dalam proses pengimplementasian strategi manajemen risiko yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
b. Mengidentifikasi potensi risiko di unit kerja dan merancang langkah-langkah mitigasi.
c. Melibatkan koordinasi dengan tim terkait untuk memastikan bahwa rencana manajemen risiko dijalankan dengan baik.
4. Evaluasi dan Penyempurnaan Marketing Strategy:
a. Mengevaluasi kinerja strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh Regional Office berdasarkan KPI (key performance indicators).
b. Menganalisis data hasil pemasaran untuk menilai efektivitasnya menggunakan spreadsheet/excel.
Februari 2023 - Desember 2023
Staf Human Resources
External Team Aktualisasi Diri BMKA SALMAN ITB • Organisasi
Berperan dalam memenuhi sumber daya manusia berdasarkan kualifikasi tertentu untuk memenuhi sumber daya manusia di berbagai kegiatan di Salman. Selain itu, berperan sebagai narahubung untuk mewadahi kemungkinan kolaborasi unit di Salman dengan pihak luar.
Februari 2023 - Maret 2023
Staf Human Resource Information
Salman Spiritual Camp (SSC) 43 • Project Base
Berperan sebagai penyebar informasi di grup peserta dan menjadi narahubung peserta. Selain itu, berpartisipasi juga dalam pengolahan data peserta dengan google sheet. Sukses menyebarkan informasi menggunakan
Februari 2023 - Maret 2023
Project Officer (PO) Grand Opening Rumah Muslim se-UI 2023
SALAM UI 26 • Project Base
Bertanggung jawab dalam menentukan konsep dasar terkait acara, susunan kepanitiaan, koordinasi, dan evaluasi sampai berakhirnya acara. Sukses menyelenggarakan program kerja Grand Opening dengan peningkatan peserta lebih dari 60% dari tahun 2022.
Januari 2023 - Januari 2024
Data Analyst Intern Divisi Bisnis Digital dan Pusat Data Ekonomi Syariah
Komite Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) • Magang
Pusat Data Ekonomi Syariah salah satunya memiliki fungsi sebagai data center terkait dengan pusat data ekonomi syariah. Adapun tugas saya selama melaksaakan magang, yaitu:
a. Membuat rekapan dari berbagai data Ekonomi Syariah
b. Berpartisipasi dalam proses dan pemberkasan FGD Permintaan Data berbagai sektor perekonomian dengan K/L terkait
c. Meninjau dan meng-update berbagai dashboard data ekonomi syariah dengan update dari paparan data terbaru
d. Melakukan data collecting, data input, dan data cleaning menggunakan excel terkait dengan berbagai data untuk PDB Syariah
e. Mempelajari konsep/teori database (penyimpanan) pada data
f. Meninjau berkas dari vendor mengenai user requirement Masterplan Pusat Data Ekonomi Syariah
Januari 2023 - Januari 2024
Ketua Komisi Kemahasiswaan (Kaderisasi & Suksesi)
Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) FIA UI • Organisasi
Berhasil mengorganisir terlaksananya Program Pengenalan Fakultas (LDMK), Program Pemilihan Organisasi Mahasiswa (PEMIRA), dan melakukan sidang untuk banding status nilai Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM) FIA UI tahun 2022. Berhasil melakukan negosiasi dengan berbagai pihak untuk mencapai kesepakatan. Berperan dalam pengolahan data status nilai Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM) untuk angkatan 2023 dari seluruh departemen yang melibatkan data dari lebih dari 500+ mahasiswn dengan proses data collecting, data cleaning, dan data visualization.
Januari 2023 - Januari 2024
Kepala Divisi Hubungan Masyarakat
SALAM (Nuansa Mahasiswa Islam) 26 UI • Organisasi
Berperan penting dalam membangun dan menjaga hubungan positif dengan berbagai pemangku kepentingan di lingkungan Universitas Indonesia. Berhasil mengadakan kolaborasi dan kerja sama antar organisasi di fakultas, menumbuhkan engagement dalam program kerja kolaboratif. Berhasil mengorganisir program Grand Opening (sebagai project officier), memfasilitasi Salam Keliling UI (sebagai moderator), mengkoordinasikan Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) dengan peningkatan partisipasi yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, dan mengatur acara Grand Closing.
Oktober 2022 - Februari 2023
Staf Media Partner
UIIBF (UI Islamic Book Fair) 2022 • Project Base
Bertanggungjawab dalam pencarian dan penyebaran informasi kepada berbagai media partner. Sukses dalam mengajak mereka untuk menjadi bagian dari media partner.
Agustus 2022 - Desember 2022
Divisi Hubungan Masyarakat
Sekolah Mahsiswa Berprestasi FIA UI 2022 • Project Base
Berperan sebagai penyebar informasi peserta, pengolahan data mentah perserta, dan berperan sebagai social media planning seperti caption SEO (search engine optimization), membuat jadwal konten feeds dan reels. Sukses dalam menyebarkan informasi secara efektif dan meningkatkan partisipasi peserta lewat berbagai saluran informasi.
Juli 2022 - Agustus 2022
Staf Acara
• PMB (Penyambutan Mahasiswa Baru) – SALAM UI 25 • Project Base
Berperan dalam menjaga booth UKM saat acara berlangsung, sukses menyebarkan informasi tentang Salam kepada para pengunjung booth. Selain itu, sukses mengajak peserta dengan membawa poster untuk mengunjungi booth UKM.
Juli 2022 - Oktober 2022
ADFEST (Administraion Festival) – BEM FIA UI
BEM FIA UI • Project Base
Berperan sebagai penghubung antara peserta dan panitia lomba Adfest. Sukses menjembatani peserta saat acara berlangsung hingga hari puncak perlombaan. Selain itu, berperan sebagai pembuat broadcast dari berbagai informasi yang diberikan.
Januari 2022 - Januari 2023
Staf Hubungan Masyarakat
SALAM (Nuansa Mahasiswa Islam) 25 UI • Organisasi
Berperan dalam berhubungan dan menjaga citra baik dengan berbagai stakeholders di lingkungan Universitas Indonesia. Sukses berpartisipasi di berbagai program kerja seperti menjadi staf acara dan menjadi narahubung dalam berbagai program kerja.
Mei 2024
Meta Marketing Analytics Specialization
Meta • DNWM6M4DKXNK
In this specialization, learners developed and honed essential
marketing analytics skills, including basic principles of marketing,
analytics tasks such as using SQL queries to pull data from a database
and cleaning data using spreadsheets. Learners also developed a
foundational understanding of statistics, explored common analytics
methods used by marketers to evaluate and communicate the results
of advertising campaigns and Meta Marketing analytics tools.
Media
April 2024
HRCI Human Resource Associate Specialization
HRCI • ZXTJQH2H6Y5X
Via "Build Your Own Career Program (BYOC)" Universitas Indonesia
Media
April 2024
CVS Health Call Center Customer Service Specialization
CVS Health • 97TQWQ8SCAG8
A career in customer service requires mastery of tangible people and
communication skills. This program balances interpersonal and team
skills with tasks executed in a call center customer service environment
to prepare learners for success on the job. After completing this
program you can demonstrate active listening, greeting customer, root
cause analysis, de-escalation and prioritize tasks using time
management skills. The program also optimizes a candidate for a
position by allowing you to practice interview questions based on the
material in each module, make observations in the community that can
be drawn on in interviews, create a resume, and prepare an
appropriate social media presence for a job search.
Media
November 2023
IBM Data Analyst Specialization
IBM • JJ2RWQSVAPUD
This IBM Professional Certificate is earned after successfully
completing 9 courses on various topics in Data Analytics. The learner
understands the core principles of data analysis and has worked
hands-on with a variety of data sources, project scenarios, and data
analysis tools, including Excel, SQL, Relational Databases, Python,
Jupyter Notebooks, and Cognos Analytics, gaining practical experience
with data manipulation, data analysis, and data visualization. The
earner of this Certificate has demonstrated proficiency in applying
different analytical techniques by analyzing real-world datasets,
creating visualizations & interactive dashboards, and presenting
reports to share findings of data analysis, and is now equipped with
skills for an entry-level role in data analytics.
Media
September 2023
Excel Skills for Business: Intermediate II
Macquarie University • 5E7J7USE8Z3N