Curriculum Vitae

Syifa Salsabila Afifa
Media Social
Syifa adalah seorang lulusan yang memiliki motivasi tinggi dengan pengalaman langsung dalam pengembangan bisnis dan analisis data. Syifa berhasil berkontribusi dalam meningkatkan akuisisi merchant dan kinerja produk selama magang di perbankan, dengan menunjukkan keterampilan analitis dan komunikasi. Syifa juga terampil dalam bekerja dengan tim lintas fungsi untuk mendorong kesuksesan organisasi, dengan pengalaman kepemimpinan dalam organisasi kemahasiswaan. Syifa adalah Individu yang tangkas, berorientasi pada detail, berbasis data, dan cepat belajar. Syifa adalah seorang pembelajar seumur hidup dengan kemauan dan antusiasme yang tinggi untuk mempelajari hal-hal baru dan kemampuan untuk bekerja dalam tim maupun individu.
November 2024
Universitas Gadjah Mada
S1 • Ilmu Ekonomi • IPK 3.59
Desember 2023 - Juni 2024
Business Development Intern Generalist

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk • Magang
Agustus 2023 - Desember 2023
Data Analyst Mentee (Program Studi Indenpenden Kampus Merdeka Batch 5)
PT Dwi Inti Putra (MyEduSolve) • Project Base
(1) Berpartisipasi dalam proyek untuk menganalisis dan membuat dasbor visualisasi data terkait kandidat calon peserta magang startup Ousean Indonesia (PT Ousean Global Digital) menggunakan Microsoft Excel, Python, dan Looker Data Studio, serta memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti untuk mendukung proses pengambilan keputusan tim Ousean Indonesia.
(2) Berpartisipasi dalam program komprehensif selama 5 bulan yang berfokus pada kompetensi analis data, termasuk Manajemen Basis Data, Python, Analisis Data, dan Visualisasi Data, di bawah bimbingan mentor yang berpengalaman.
(3) Berkolaborasi dalam tim untuk mengerjakan proyek-proyek kecil, membuat portofolio profesional yang dipandu oleh para ahli di bidangnya.
(4) Meraih Sertifikasi IT Specialist di bidang Basis Data (Skor: 893/1000) dan Analisis Data (Skor: 876/1000), yang disertifikasi oleh Certiport - A Pearson VUE Business.
Media
Januari 2022 - November 2022
Staf Ahli Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa
Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis (BEM FEB UGM) • Organisasi
(1) Mengadvokasi lebih dari 50 kebutuhan mahasiswa terkait akademik, keuangan, dan fasilitas, termasuk keringanan biaya kuliah, cuti akademik, dan penyebaran beasiswa, yang menghasilkan peningkatan kesejahteraan mahasiswa selama masa jabatan 2022.
(2) Mewakili suara mahasiswa dalam audiensi bulanan dekan, mengusulkan solusi yang dapat ditindaklanjuti untuk lebih dari 10 masalah akademik dan fasilitas, yang menghasilkan perubahan yang diimplementasikan seperti peningkatan fasilitas fakultas.
(3) Mempublikasikan lebih dari 100 postingan informasi akademik di Line dan Instagram, meningkatkan akses mahasiswa ke informasi penting dan mendukung kegiatan akademik di kampus.
Januari 2022 - November 2022
Kepala Bidang Internal
Sharia Economics Forum (SEF UGM) • Organisasi
(1) Memimpin dua biro (Biro Sumber Daya Manusia serta Biro Aset dan Administrasi), mengawasi lebih dari 10 program internal, dan meningkatkan dukungan internal untuk SEF UGM.
(2) Mengelola program-program internal utama seperti Rapat Kerja, Evaluasi Tengah Tahun, dan Evaluasi Akhir Tahun, meningkatkan kontribusi anggota sebesar 30% selama masa jabatan 2022.
(3) Memimpin divisi sponsorship untuk acara kompetisi nasional tahunan SEF UGM yang bertajuk “Sharia Economic Acts in Innovation (SENSATION UGM),” dengan mendapatkan sponsor dari Bank Syariah Indonesia, yang berkontribusi pada kesuksesan acara dan meningkatkan dana sebesar 40%.
Media
Januari 2022 - November 2022
Koordinator Divisi Sponsorship
Sharia Economic Acts in Innovation (SENSATION UGM) • Organisasi
(1) Memimpin divisi sponsorship dan berkolaborasi dengan divisi lain, meningkatkan produktivitas divisi sebesar 20% dengan mengoptimalkan anggaran dan proses sponsorship.
(2) Melakukan negosiasi perjanjian dengan para sponsor, mendapatkan sponsor Bank Syariah Indonesia, serta mencapai penghematan biaya sebesar 15% dan melampaui ekspektasi sponsor.
(3) Berhasil mengelola pelaksanaan SENSATION UGM, menerima penghargaan dari para sponsor dan peserta atas kelancaran acara, memastikan kesuksesan acara secara keseluruhan.
Media
Agustus 2021 - November 2021
Koordinator Divisi Public Relations
Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM FEB UGM) • Organisasi
(1) Memimpin tim media sosial dan public relations, merancang dan melaksanakan kampanye media sosial strategis untuk acara pemilihan ketua organisasi mahasiswa FEB UGM, yang menghasilkan peningkatan keterlibatan dan awareness mahasiswa FEB UGM sebesar 50%.
(2) Memfasilitasi forum kandidat dan sesi tanya jawab langsung di YouTube dan Instagram, meningkatkan keterlibatan mahasiswa FEB UGM dan transparansi dalam proses pemilihan.
(3) Berkolaborasi dengan organisasi-organisasi mahasiswa FEB UGM untuk perluasan jangkauan informasi kandidat calon ketua organisasi, yang menghasilkan peningkatan jumlah pemilih sebesar 50% dibandingkan tahun sebelumnya.
Juni 2021 - Desember 2021
Staf Liaison Officer
Forum Studi dan Diskusi Ekonomi (FSDE UGM) • Organisasi
(1) Bertindak sebagai penghubung utama antara peserta, pembicara, dan panitia, memastikan kelancaran komunikasi dan koordinasi sebelum, selama, dan setelah acara.
(2) Mengelola hubungan dengan para peserta dan pembicara, menjawab pertanyaan mereka dan memfasilitasi kebutuhan mereka untuk memastikan kelancaran dalam keikutsertaan dalam acara.
(3) Mengkoordinasikan logistik, termasuk transportasi, akomodasi, dan penjadwalan pembicara.
(4) Membantu mengatur dan mendukung berbagai aspek acara, seperti pendaftaran, persiapan materi, dan pelaksanaan acara di tempat.
(5) Bekerja sama dengan tim lain untuk memastikan bahwa semua aspek operasional acara dilaksanakan secara efisien dan sesuai rencana.
September 2020 - Januari 2021
Staf Divisi Kesekretariatan
Gadjah Mada Education Roadshow (GMERS UGM) • Organisasi
(1) Mempertahankan tingkat akurasi 99% dalam transaksi tiket dan manajemen basis data, mengurangi kesalahan dan meningkatkan keamanan acara.
(2) Mengelola inventaris tiket secara efektif, memastikan ketersediaan tiket yang optimal untuk acara dan meminimalkan kelebihan atau kekurangan tiket.
(3) Menghasilkan laporan penjualan tiket harian dan mingguan, menyediakan data real-time bagi penyelenggara acara untuk pengambilan keputusan.
(4) Memberikan dukungan kepada peserta acara, menangani pertanyaan, masalah, dan masalah tiket dengan cepat dan profesional.
Media
November 2023
IT Specialist - Data Analytics
Certiport - A Pearson Vue Business • ELeb-DkqQ
Kegiatan dan sertifikasi ini untuk membuktikan pengetahuan awal tentang cara memanipulasi, menganalisis, dan mengomunikasikan temuan analisis data secara bertanggung jawab. Peserta harus memiliki instruksi atau pengalaman langsung dengan manipulasi, analisis, visualisasi, dan komunikasi data. Peserta harus memahami konsep data umum, hukum terkait data, dan praktik analisis yang bertanggung jawab.
Media
September 2023
IT Specialist - Databases
Certiport - A Pearson Vue Business • wXPBJ-48eu
Kegiatan dan sertifikasi ini menunjukkan pengetahuan dasar tentang cara mendesain dan membuat query relational databases, seperti MySQL, Microsoft SQL Server, atau Oracle.