Curriculum Vitae

MUHAMMAD SAMSUL MA'ARIF
Media Social
Lulusan Sarjana Ilmu Komputer dengan minat di bidang tech dan business, khususnya dalam data analysis dan data science. Berorientasi pada detail serta memiliki pengalaman dalam administrasi, cost control, dan manajemen proyek. Dengan latar belakang ilmu komputer, saya terbiasa dalam pengoperasian Ms Office, Google Workspace, SAP, SQL, Tableu, dan lain-lain. Siap memberikan kontribusi positif, baik dalam tim maupun secara individu.
Juli 2024
Universitas Singaperbangsa Karawang
S1 • Teknik • IPK 3.90
Juli 2024 - Juli 2024
Staf Administrator Turn Around (TA) NPK 1
PT Pupuk Kujang • Pekerja Lepas
● Menangani 20+ permintaan izin akses perusahaan untuk vendor atau pihak eksternal melalui DOF (digital office), memastikan kecepatan dan akurasi pemrosesan dalam mendukung kelancaran kegiatan operasional.
● Menyusun SPL (Surat Perintah Lembur) untuk 72 PHL (Pegawai Harian Lepas) menggunakan Excel Macro, memastikan ketepatan waktu jam tap-in dan tap-out. Berkoordinasi dengan tim untuk menangani ketidakhadiran dan menyampaikan laporan langsung kepada pengawas atau pihak terkait.
● Mengelola perhitungan gaji 72 PHL selama program perbaikan tahunan pabrik NPK 1 dengan Excel Payroll, memastikan pembayaran tepat waktu, akurat, dan tidak melebihi anggaran yang direncanakan sesuai HPS.
April 2024 - Desember 2024
Staf Perencanaan Pemeliharaan
PT Pupuk Kujang • Magang
● Ditempatkan padaa bagian Pengendalian Biaya dan Jasa Pemeliharaan (PBJP), serta berperan sebagai Renhar Administrative Assistant.
● Melakukan rekap dan monitoring 100+ Material Issue Request (MIR) serta 100+ Service Request (SR) untuk mendukung operasional pabrik dan proyek eksternal melalui dashboard internal perusahaan. Melakukan rekap dan monitoring 100+ Purchase Request (PR) untuk kebutuhan pemeliharaan pabrik yang menggunakan anggaran investasi, biaya rutin, dan biaya perbaikan tahunan.
● Mengkoordinasikan dan memastikan alur sirkulasi tanda tangan 100+ dokumen Purchase Request (PR) dari tingkat planner, AVP, VP, SVP, hingga direktur produksi guna mempercepat proses persetujuan pengadaan secara efisien.
● Mengarsipkan dan menyusun hardcopy 5.000+ Purchase Request (PR) setelah sirkulasi tanda tangan selesai, dengan sistem pengarsipan berdasarkan nomor PR untuk memastikan kemudahan akses dan pelacakan.
● Mengelola pembaruan status 400+ data investasi tahun 2024, mencakup PR/PO, komitmen anggaran, dan sisa dana, serta memberikan panduan bagi user dalam proses realokasi anggaran investasi. Menyusun form perencanaan rutin pabrik investasi untuk tahun 2025-2026.
Agustus 2023 - Oktober 2023
Staf General Affairs
PT Mojadi Aplikasi Indonesia • Magang
● Terpilih sebagai 1 dari 5 peserta magang dari 50+ pelamar dan menjadi team leader.
● Membangun kemitraan strategis dengan 5+ payment gateway dan berhasil meningkatkan efisiensi proses pembayaran perusahaan.
● Memfasilitasi rapat mingguan menggunakan Microsoft Teams, memperbaiki komunikasi internal dan koordinasi tim, serta menyusun Minutes of Meeting (MoM) yang terstruktur dengan baik.
● Bertanggung jawab atas pengembangan UI situs mojadiapp.com, melakukan 20+ perbaikan, dan bekerja sama dengan tim untuk revisi yang meningkatkan traffic website sebesar 40% serta membuat Standard Operating Procedures (SOP) untuk penyuntingan dan penambahan konten situs web mojadiapp.com, memastikan konsistensi dan kualitas konten.
Februari 2024
Certificate TOEFL
Elskill English Course • 14239/S-T/EEC/II/2024
Media
Oktober 2023
Junior Graphic Designer
Badan Nasional Sertifikasi Profesi • TIK.1389.2728.2023
Media
Juni 2023
SAP Analytics Cloud Training Session
ASEAN Foundation • 9593/ADSEPID-3934/VI/2023
Media
Desember 2022
Product Management Wave 3
Binar Academy • PM2207KM0133/XII/2022