Curriculum Vitae

Rischa Ayu Nur Azizah
Saya adalah mahasiswa aktif program studi Administrasi Perpajakan di Universitas Diponegoro. Saya adalah individu yang sangat berkomitmen yang bersemangat untuk mengeksplorasi hal-hal baru. Saya tertarik pada Perpajakan, Keuangan/Akuntansi, dan Pemasaran Digital. Selain itu, saya memiliki soft skill berpikir strategis yang berorientasi pada detail. Saya memiliki berbagai pengalaman dalam berbagai kegiatan seperti magang dan pernah mengikuti Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tingkat kampus.
Sedang berjalan
Universitas Diponegoro
D3 • Administrasi Perpajakan • IPK 3.77
Mei 2022
SMA NEGERI 2 BATANG
SMA/SMK • Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) • Nilai rata-rata: 87.88
Januari 2025 - Maret 2025
PELAYANAN
PT Asuransi Kerugian Jasa Raharja • Magang
Selama magang di Jasa Raharja, saya memiliki kesempatan untuk terlibat langsung dalam memberikan layanan kepada masyarakat terkait asuransi kecelakaan dan santunan. Beberapa kegiatan yang saya lakukan selama magang antara lain:
1. Pelayanan klaim asuransi: saya membantu dalam proses administrasi klaim asuransi, mulai dari menerima dokumen klaim serta memverifikasi kelengkapan dokumen seperti KTP, KK, dan Akta Kelahiran, formulir pengajuan santunan dari perusahaan, tagihan rumah sakit, surat kuasa, kwitansi tagihan rumah sakit, dan surat keterangan kesehatan korban kecelakaan.
2. Sosialiasi dan penjelasan informasi: Saya turut berperan dalam memberikan penjelasan kepada masyarakat mengenai prosedur klaim, jenis-jenis santunan yang tersedia, serta persyaratan yang harus dipenuhi oleh pihak yang berhak menerima santunan.
3. Survey lapangan: Saya ditugaskan untuk mengecek kelengkapan dokumen yang dibutuhkan seperti keterangan ahli waris, KTP korban dan ahli waris, KK, surat nikah (apabila korban berstatus menikah), akta kelahiran (apabila korban berstatus belum menikah), dan surat keterangan kematian. Apabila dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap, maka proses untuk pencairan dana santunan akan lebih cepat.
4. Koordinasi dan komunikasi dengan pihak terkait: Dalam beberapa kesempatan, saya membantu berkoordinasi dengan pihak rumah sakit, pihak keluarga korban, kepolisian, dan instansi terkait untuk memperlancar proses klaim dan penyaluran santunan.
Media

Januari 2024 - Februari 2024
SEKRETARIAT
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu • Magang
Selama saya magang di DPMPTSP, saya berkesempatan untuk mendalami kegiatan administratif yang mendukung kelancaran operasional dinas. Sebagai bagian dari tim sekretariat, beberapa tugas saya mencakup:
1. Pengelolaan administrasi surat menyurat: Saya membantu dalam pengelolaan surat masuk dan keluar dalam bentuk fisik. Hal ini mencakup pencatatan, pengarsipan, serta distribusi surat ke pihak terkait.
2. Penyusunan laporan dan dokumen : Saya turut berpartisipasi dalam penyusunan laporan seperti Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah kepadaPemerintah (LPPD), Realisasi Investasi DPMPTSP, dan juga penyusunan dokumen seperti IKK Output dan IKK Income.
Media
Januari 2024 - Januari 2024
BACK OFFICE
Direktorat Jenderal Pajak - Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batang • Magang
Selama magang di KPP, saya memperoleh banyak pengetahuan terkait sistem perpajakan di Indonesia dan proses administrasi pajak yang diterapkan. Beberpa kegiatan yang saya lakukan selama magang antara lain:
1. Pemrosesan surat pajak dan dokumen perpajakan: Saya membantu dalam pengolahan dan verifikasi berbagai dokumen pajak serta meng-approve NPWP.
2. Pengelolaan data dan arsip perpajakan: Saya juga membantu dalam pengarsipan dan pengelolaan data wajib pajak seperti SKT, PBK, STP, dan SPT secara sistematis untuk mempermudah pencarian informasi yang dibutuhkan oleh petugas atau pihak terkait lainnya.
3. Penyuluhan dan edukasi pajak: Saya turut berpartisipasi dalam kegiatan edukasi yang diselenggarakan oleh kantor kepada para pengusaha UMKM agar mendaftarkan usahanya sebagai PKP.