Curriculum Vitae

Pijar Sang Matahari Lubis
Sebagai mahasiswa administrasi bisnis, saya tidak hanya mempelajari teori-teori bisnis, tetapi juga secara aktif menerapkannya dalam praktik. Saya menjembatani kesenjangan antara pengetahuan akademis sebagai seorang pelajar dan implementasi nyata di dunia bisnis sebagai co-founder LUNARD.<br /> <br /> Saya adalah individu yang sangat termotivasi, berorientasi pada hasil, dan selalu berfokus pada pertumbuhan. Minat saya terletak pada riset pasar, pemasaran, pengembangan produk, strategi penjualan, dan pengembangan bisnis. Saya sangat antusias untuk terus berkembang secara pribadi dan memberdayakan tim untuk mencapai potensi terbaik mereka.
Sedang berjalan
Universitas Indonesia
S1 • Administrasi Bisnis • IPK 3.62
Agustus 2025 - Januari 2026
DCI - Marketing - DWS (PR19)

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk • Magang
Agustus 2024 - Sekarang
Cofounder
LUNARD • Project Base
Sebuah startup yang memenuhi kebutuhan fashion anak muda melalui produk kami, jaket denim dengan kemungkinan styling karya seni yang tak terbatas.
1. Mengelola produksi 50 jaket, memastikan kualitas tinggi dan menghadirkan nilai produk yang kuat.
2. Mengembangkan dan menjalankan strategi go-to-market yang menggabungkan pemasaran organik dan berbayar, menghasilkan lebih dari 20.000 tayangan Instagram dan 398 interaksi untuk meningkatkan kesadaran merek awal dan daya tarik pelanggan.
3. Memimpin pengembangan produk dan riset berbasis pasar, serta membentuk kemitraan strategis dengan produsen pakaian lokal dan layanan percetakan.
Media
Agustus 2024 - Desember 2024
Semifinalist
Enterns UI x Wondr by BNI • Project Base
Berpartisipasi dalam kompetisi business case tingkat internasional, mengembangkan solusi atas tantangan nyata yang dihadapi oleh Allo Bank dan Bosch.
1. Melakukan riset pasar, analisis positioning kompetitor, serta menggunakan database online, sumber berita, dan insight pelanggan untuk menyusun proposal retensi pengguna berbasis CRM untuk AlloBank dan proposal pemasaran untuk wiper otomotif milik Bosch.
2. Menganalisis positioning kompetitor dan perilaku pengguna, serta merumuskan proposal yang terstruktur dengan strategi yang disesuaikan untuk menjawab tantangan spesifik dari masing-masing klien.
Media
Juli 2024 - Desember 2024
Vice Manager of Media Partner
UI Talks 4.0 • Project Base
UI Talks 4.0 merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh CEDS UI, terdiri dari talkshow, workshop, kompetisi business plan, dan business case competition.
1. Memimpin tim untuk menjalin lebih dari 50 kerja sama dengan media dan komunitas, yang berhasil meningkatkan visibilitas dan jumlah peserta acara (lebih dari 300 peserta offline).
2. Menyaring lebih dari 30 pelamar dan mewawancarai 6 kandidat terbaik, kemudian memimpin rapat tim mingguan untuk menyelaraskan eksekusi dan tujuan kemitraan.
3. Meningkatkan kehadiran online UI Talks, dengan mendorong pertumbuhan lebih dari 300 pengikut di Instagram.
Media
Mei 2024 - Desember 2024
Staff of Research and Development
Center for Entrepreneurship Development and Studies • Organisasi
Center for Entrepreneurship and Development Studies adalah organisasi yang berperan sebagai katalis bagi mahasiswa yang memiliki minat di bidang kewirausahaan, dengan tujuan mengembangkan pengetahuan dan pengalaman bisnis.
1. Menganalisis tren bisnis dan perkembangan pasar untuk mengembangkan konten Instagram berbasis data menjadi postingan yang menarik dan mudah diakses.
2. Melakukan riset preferensi produk dengan lebih dari 100 anggota serta terlibat dalam inisiatif lintas divisi, memperoleh pengalaman langsung dalam operasional dan proses pengambilan keputusan layaknya perusahaan nyata.
Mei 2023 - Oktober 2023
Content and Business Strategist
InfoBolaid • Project Base
Sebuah channel YouTube yang berfokus pada konten sepak bola dengan lebih dari 100.000 subscriber. Berkontribusi dalam peningkatan strategi bisnis melalui reformasi format konten.
1. Meningkatkan performa konten dengan meluncurkan tiga format video baru, yang mendorong rata-rata durasi tonton dari 1,3 menit menjadi lebih dari 3,5 menit.
2. Meningkatkan pendapatan sebesar 243% di bulan pertama setelah bergabung melalui pembaruan strategi dan konten.
3. Mendorong pertumbuhan jumlah penayangan bulanan dari 396.000 (pada bulan Mei) menjadi 1.800.000 (pada bulan Agustus).
Maret 2025
Strategic Leadership and Management
University of Illinois • https://coursera.org/verify/specializat ion/XFSRTPLEBFAB
Media
Maret 2025
Google Project Management
Google • https://coursera.org/verify/profession al-cert/E2OXSA1BILD0
Media
Maret 2024
Digital Marketing
Badan Nasional Sertifikasi Profesi • 78422 2431 20200592 2024
Sertifikasi digital marketing oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi