Curriculum Vitae

Nurrusyifa Puteri Iswara

Nurrusyifa Puteri Iswara

Kab. Bogor
Terakhir login 3 minggu yang lalu

Portfolio

Saya memiliki ketertarikan pada bidang corporate communication dan berpengalaman dalam melakukan media monitoring, analisis berita, peliputan, dan wawancara karena memiliki pengalaman magang sebagai Research & Advisory Intern di perusahaan konsultan.

Juli 2023
Institut Pertanian Bogor

S1 Ilmu Komunikasi IPK 3.78

September 2024 - Agustus 2025
INTERNSHIP HOLDING 2024 - Fungsi Investor Relation (Investor Data, Information, and Analytics)
Verified intern of Logo Magenta

PT Pertamina (Persero) Magang


Oktober 2023 - Februari 2024
Research & Advisory Intern

KRA Group Magang

● Melakukan manajemen data dengan memantau media nasional dan internasional (media monitoring) di Asia Tenggara, dengan fokus pada politik, ekonomi, energi, lingkungan, dan isu lainnya yang berkaitan dengan kebutuhan perusahaan
● Berpartisipasi dalam analisis dan evaluasi isu atau kebijakan yang dapat memengaruhi klien
● Terlibat dan membantu dalam proyek penelitian atau meeting dengan mengumpulkan informasi dan membuat draf catatan (notes), laporan (report), alerts, ringkasan (summary), dan analisis
● Menyusun laporan harian dan mingguan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan merekapitulasi serta menganalisis berbagai berita
● Melakukan liputan dan wawancara di lapang dengan masyarakat untuk menambah informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan


Januari 2023 - Juli 2023
Asisten Praktikum

Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, IPB University Part Time

● Menyiapkan materi pembelajaran praktikum dan memberikan tugas mingguan kepada mahasiswa
● Membimbing 30 mahasiswa untuk menyelesaikan berbagai kasus dalam kegiatan praktikum dengan menggunakan beberapa instrumen untuk menghindari kesalahan selama praktikum
● Melakukan penilaian terhadap tugas-tugas mahasiswa, termasuk mencatat dan menghitung nilai akhir mereka


November 2021 - Mei 2022
ICONX - Student Ambassador

Bank OCBC NISP Magang

● Menjadi representasi Bank OCBC NISP dan meningkatkan brand awareness perusahaan, seperti mempromosikan dan mengundang teman atau kerabat untuk berpartisipasi dalam kelas keuangan yang diselenggarakan oleh perusahaan
● Menyusun strategi komunikasi dan mempublikasikan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan di media sosial, menghasilkan peningkatan brand awareness sebesar 15%
● Mengembangkan dan melaksanakan strategi promosi, seperti membuat video promosi mengenai pengalaman menggunakan layanan perbankan perusahaan dan kemudian mengunggahnya di media sosial, mendapatkan lebih dari 3000+ penonton


Februari 2021 - Maret 2021
Campus Ambassador Intern

International Model United Nations Magang

● Membuat konten promosi terkait International Model United Nations (IMUN) untuk meningkatkan brand awareness organisasi
● Mengunggah konten terkait International Model United Nations (IMUN) Online Conference di platform media sosial
● Mempromosikan dan mengundang teman atau kerabat untuk berpartisipasi dalam International Model United Nations (IMUN) Online Conference


Januari 2021 - November 2021
Sekretaris dan Bendahara

Relawan Mahasiswa IPB Organisasi

● Mengelola seluruh dokumen administratif dan urusan keuangan organisasi untuk memastikan kinerja organisasi berjalan optimal
● Menyiapkan dan membuat surat undangan serta proposal untuk kebutuhan acara, menghasilkan peningkatan sebesar 30% dalam keberhasilan kesepakatan
● Membuat siaran pers (press release) atau artikel terkait kegiatan organisasi untuk dipublikasikan di portal berita kampus, menghasilkan peningkatan sebesar 40% dalam jumlah followers dan engagement di media sosial organisasi
● Membuat Laporan Tengah Tahun (LTT) dan Laporan Akhir Tahun (LAT), berhasil meminimalkan kesalahan penulisan dalam laporan sebesar 50% dengan melakukan pemeriksaan ulang


September 2020 - Oktober 2020
Public Relations Intern

Himpunan Mahasiswa Peminat Ilmu-Ilmu Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (HIMASIERA) IPB Magang

● Berhasil meningkatkan skill copywriting dan meningkatkan engagement media sosial organisasi dengan mengembangkan caption untuk konten Instagram organisasi
● Mempelajari cara membuat pesan broadcast yang menarik
● Menjadi pembawa acara atau MC dalam acara organisasi
● Berpartisipasi aktif dalam rapat anggota dan brainstorming ide


November 2019 - Desember 2019
Canvassing Volunteer

Jelajah IPB Pekerja Lepas

● Membangun hubungan dengan pemangku kepentingan atau stakeholder eksternal, seperti mempromosikan acara Jelajah IPB ke beberapa sekolah dan mengundang mereka untuk berpartisipasi
● Mensosialisasikan dan mempromosikan acara tersebut di media sosial untuk memperluas awareness acara, menghasilkan peningkatan sebesar 15% dalam jumlah followers dan engagement di media sosial acara
● Menjaga citra atau reputasi Jelajah IPB di ranah eksternal

Juli 2024
Creative Copywriting

MySkill MS-25/7/2024-sFDonQOx7agqLQJRtKhl

Creative Copywriting merupakan bagian dari learning path Digital Marketing. Pada course Creative Copywriting, saya mempelajari 12 materi pembelajaran yang terdiri dari 55 video beserta pre-test dan post-test. Kedua belas materi yang saya pelajari di antaranya Copywriting Introduction; Goals in Copywriting; Tone of Voice in Copywriting; Brainstorming, Ideation, and Storytelling in Copywriting; Psychology in Copywriting; Anatomy in Copywriting; Copywriting Implementation; Copyediting Strategy; Copywriting Testing and Evaluation; Career in Copywriter; Creating a Style Guide in Copywriting; dan Copywriting for Campaign


Media
Lihat Media
Hard Skills:
Data Analysis
Analisa Data
Kemampuan Bahasa Inggris
Proyek Microsoft
Penulisan Copy SEO
SEO
Kemampuan Menulis
Manajemen basis data

Soft Skills:
Communication
Pemikiran analitis
Adaptabilitas/kesabaran
Kolaborasi
Berpikir kritis
Berorientasi pada detail
Disiplin
Kerjasama Tim
Bahasa Tertulis