Curriculum Vitae

Nurrusyifa Puteri Iswara
Portfolio
Saya memiliki ketertarikan pada bidang corporate communication dan berpengalaman dalam melakukan media monitoring, analisis berita, peliputan, dan wawancara karena memiliki pengalaman magang sebagai Research & Advisory Intern di perusahaan konsultan.
Juli 2023
Institut Pertanian Bogor
S1 • Ilmu Komunikasi • IPK 3.78
September 2024 - Agustus 2025
INTERNSHIP HOLDING 2024 - Fungsi Investor Relation (Investor Data, Information, and Analytics)

PT Pertamina (Persero) • Magang
Oktober 2023 - Februari 2024
Research & Advisory Intern
KRA Group • Magang
● Melakukan manajemen data dengan memantau media nasional dan internasional (media monitoring) di Asia Tenggara, dengan fokus pada politik, ekonomi, energi, lingkungan, dan isu lainnya yang berkaitan dengan kebutuhan perusahaan
● Berpartisipasi dalam analisis dan evaluasi isu atau kebijakan yang dapat memengaruhi klien
● Terlibat dan membantu dalam proyek penelitian atau meeting dengan mengumpulkan informasi dan membuat draf catatan (notes), laporan (report), alerts, ringkasan (summary), dan analisis
● Menyusun laporan harian dan mingguan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan merekapitulasi serta menganalisis berbagai berita
● Melakukan liputan dan wawancara di lapang dengan masyarakat untuk menambah informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan
Januari 2023 - Juli 2023
Asisten Praktikum
Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, IPB University • Part Time
● Menyiapkan materi pembelajaran praktikum dan memberikan tugas mingguan kepada mahasiswa
● Membimbing 30 mahasiswa untuk menyelesaikan berbagai kasus dalam kegiatan praktikum dengan menggunakan beberapa instrumen untuk menghindari kesalahan selama praktikum
● Melakukan penilaian terhadap tugas-tugas mahasiswa, termasuk mencatat dan menghitung nilai akhir mereka
November 2021 - Mei 2022
ICONX - Student Ambassador
Bank OCBC NISP • Magang
● Menjadi representasi Bank OCBC NISP dan meningkatkan brand awareness perusahaan, seperti mempromosikan dan mengundang teman atau kerabat untuk berpartisipasi dalam kelas keuangan yang diselenggarakan oleh perusahaan
● Menyusun strategi komunikasi dan mempublikasikan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan di media sosial, menghasilkan peningkatan brand awareness sebesar 15%
● Mengembangkan dan melaksanakan strategi promosi, seperti membuat video promosi mengenai pengalaman menggunakan layanan perbankan perusahaan dan kemudian mengunggahnya di media sosial, mendapatkan lebih dari 3000+ penonton
Februari 2021 - Maret 2021
Campus Ambassador Intern
International Model United Nations • Magang
● Membuat konten promosi terkait International Model United Nations (IMUN) untuk meningkatkan brand awareness organisasi
● Mengunggah konten terkait International Model United Nations (IMUN) Online Conference di platform media sosial
● Mempromosikan dan mengundang teman atau kerabat untuk berpartisipasi dalam International Model United Nations (IMUN) Online Conference
Januari 2021 - November 2021
Sekretaris dan Bendahara
Relawan Mahasiswa IPB • Organisasi
● Mengelola seluruh dokumen administratif dan urusan keuangan organisasi untuk memastikan kinerja organisasi berjalan optimal
● Menyiapkan dan membuat surat undangan serta proposal untuk kebutuhan acara, menghasilkan peningkatan sebesar 30% dalam keberhasilan kesepakatan
● Membuat siaran pers (press release) atau artikel terkait kegiatan organisasi untuk dipublikasikan di portal berita kampus, menghasilkan peningkatan sebesar 40% dalam jumlah followers dan engagement di media sosial organisasi
● Membuat Laporan Tengah Tahun (LTT) dan Laporan Akhir Tahun (LAT), berhasil meminimalkan kesalahan penulisan dalam laporan sebesar 50% dengan melakukan pemeriksaan ulang
September 2020 - Oktober 2020
Public Relations Intern
Himpunan Mahasiswa Peminat Ilmu-Ilmu Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (HIMASIERA) IPB • Magang
● Berhasil meningkatkan skill copywriting dan meningkatkan engagement media sosial organisasi dengan mengembangkan caption untuk konten Instagram organisasi
● Mempelajari cara membuat pesan broadcast yang menarik
● Menjadi pembawa acara atau MC dalam acara organisasi
● Berpartisipasi aktif dalam rapat anggota dan brainstorming ide
November 2019 - Desember 2019
Canvassing Volunteer
Jelajah IPB • Pekerja Lepas
● Membangun hubungan dengan pemangku kepentingan atau stakeholder eksternal, seperti mempromosikan acara Jelajah IPB ke beberapa sekolah dan mengundang mereka untuk berpartisipasi
● Mensosialisasikan dan mempromosikan acara tersebut di media sosial untuk memperluas awareness acara, menghasilkan peningkatan sebesar 15% dalam jumlah followers dan engagement di media sosial acara
● Menjaga citra atau reputasi Jelajah IPB di ranah eksternal
Juli 2024
Creative Copywriting
MySkill • MS-25/7/2024-sFDonQOx7agqLQJRtKhl
Creative Copywriting merupakan bagian dari learning path Digital Marketing. Pada course Creative Copywriting, saya mempelajari 12 materi pembelajaran yang terdiri dari 55 video beserta pre-test dan post-test. Kedua belas materi yang saya pelajari di antaranya Copywriting Introduction; Goals in Copywriting; Tone of Voice in Copywriting; Brainstorming, Ideation, and Storytelling in Copywriting; Psychology in Copywriting; Anatomy in Copywriting; Copywriting Implementation; Copyediting Strategy; Copywriting Testing and Evaluation; Career in Copywriter; Creating a Style Guide in Copywriting; dan Copywriting for Campaign