Curriculum Vitae

Muhammad Rifky
Menjadi individu yang berkontribusi dalam pengambilan keputusan berbasis data melalui penguasaan keterampilan analisis dan teknologi, serta terus berkembang menjadi profesional data yang adaptif, komunikatif, dan berdampak nyata di berbagai sektor. Saya memiliki ketertarikan yang kuat terhadap dunia data, mulai dari proses pengumpulan, pengolahan, hingga analisis untuk menghasilkan informasi yang bermakna. Meskipun saya masih dalam tahap awal pembelajaran, saya memiliki motivasi tinggi untuk terus menggali dan mengembangkan kemampuan dalam bidang ini, termasuk data analytic, visualisasi data, serta eksplorasi teknologi machine learning
Juni 2025
UPN VETERAN JAWA TIMUR
S1 • Informatika • IPK 3.75
Juli 2024 - Agustus 2024
Magang
PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) • Magang
Proyek ini merupakan bagian dari Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan di PT. PELNI (Persero) Cabang Surabaya, dengan tujuan merancang UI/UX untuk Sistem Informasi Masa Aktif Sertifikat Kapal. Sistem ini dirancang untuk menggantikan pengelolaan data sertifikat kapal yang sebelumnya menggunakan Excel, yang dinilai kurang efisien dan rentan kesalahan.
Melalui pendekatan Design Thinking (Empathize, Define, Ideate, Prototype, Test), tim membangun prototipe interaktif berbasis website yang mencakup fitur: pencatatan dan pemantauan masa aktif sertifikat, pencarian sertifikat berdasarkan kategori kapal (tol laut, perintis, penumpang), serta notifikasi warna otomatis sesuai urgensi pembaruan sertifikat. Sistem ini dilengkapi desain responsif dan diuji menggunakan platform Maze dengan hasil Task Completion Rate tinggi.
Proyek ini diharapkan mampu meningkatkan efisiensi kerja divisi Armada Teknik PT. PELNI, meminimalkan risiko kesalahan administratif, serta mendukung kepatuhan terhadap regulasi pelayaran nasional maupun internasional.
Media
Agustus 2023 - Desember 2023
Studi Independen MSIB Bacth 5
GREAT EDU • Magang
Studi Independen Bersertifikat UI/UX Bootcamp ini dilaksanakan di bawah bimbingan PT Greatedu Global Mahardika sebagai bagian dari program Kampus Merdeka. Program ini berlangsung selama 5 bulan dan bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keahlian praktis di bidang UI/UX Research & Design melalui metode pembelajaran daring, proyek individu, dan kolaboratif.
Dalam program ini, peserta mempelajari berbagai topik seperti design thinking, UX research, wireframing, visual design, hi-fi prototyping, usability testing, UX writing, hingga pengembangan design system. Seluruh rangkaian pembelajaran ditutup dengan proyek akhir berjudul ReTrash, yaitu aplikasi edukatif dan fungsional untuk pengelolaan sampah dan isu lingkungan.
Selain keterampilan teknis, program ini juga mengasah soft skill peserta dalam komunikasi, kolaborasi tim, dan presentasi. Program ini tidak hanya memberikan pengetahuan teknis yang komprehensif, tetapi juga portofolio nyata yang dapat menunjang karir di industri desain digital.