Tentang MAGENTA

Kementerian BUMN bersinergi dengan seluruh BUMN di Indonesia untuk dapat memberikan kesempatan magang bagi mahasiswa dan fresh graduate baik lulusan dalam negeri maupun luar negeri.

Selengkapnya

Seleksi dan Penerimaan

Cara Melihat Status Pendaftaran
Curriculum Vitae

Haura Haya Santosa

Haura Haya Santosa

Kab. Bogor
Terakhir login 4 hari yang lalu

Media Social

Saya memiliki visi untuk menjadi profesional Human Capital yang mampu mendorong perubahan positif dan berkelanjutan dalam organisasi melalui pendekatan berbasis data, pengembangan kompetensi, dan strategi SDM yang terintegrasi. Saya tertarik pada peran yang memungkinkan saya berkontribusi dalam membentuk budaya kerja yang adaptif, produktif, dan berdaya saing, khususnya di bidang pengembangan organisasi, manajemen kinerja, serta learning and development. Dengan latar belakang Teknik Industri, saya berkomitmen untuk terus menggabungkan pendekatan analitis dan human-centered dalam setiap inisiatif HR yang saya jalankan.

September 2023
Telkom University

S1 Teknik Industri IPK 3.11

September 2024 - April 2025
Organization and People Development

Indonesia Indicator Contract Base

1. Merancang dan mengimplementasikan proses bisnis internal dan antarperusahaan, struktur organisasi, deskripsi pekerjaan, serta evaluasi pekerjaan untuk mendukung keselarasan strategis dan efisiensi operasional.
2. Mengembangkan asesmen keterampilan teknis yang komprehensif untuk 24 posisi, mencakup pendekatan konseptual dan studi kasus, serta mendukung sistem penilaian kinerja dan pemetaan keterampilan bagi lebih dari 200 karyawan, guna memastikan keselarasan antara kapabilitas individu dengan tujuan organisasi.
3. Melakukan analisis kebutuhan pembelajaran di berbagai divisi untuk mengidentifikasi kesenjangan kompetensi dan meningkatkan kinerja tim maupun individu melalui program pengembangan.
4. Merancang Individual Development Plan (IDP) untuk menyelaraskan pertumbuhan karyawan dengan tujuan organisasi.
5. Berkontribusi dalam perancangan dan pengembangan modul pelatihan berbasis kompetensi menggunakan kerangka kerja ADDIE untuk mendukung pembelajaran berkelanjutan dan peningkatan kinerja.
6. Berpartisipasi dalam perencanaan, koordinasi, pelaksanaan, evaluasi, dan dokumentasi tiga program pelatihan secara menyeluruh, guna memastikan pelaksanaan yang lancar dan keterlibatan peserta yang tinggi.
7. Merancang sistem dokumentasi proyek yang selaras dengan proses bisnis dan menjadi penanggung jawab dalam pengelolaan arsip untuk lebih dari 70 proyek, memastikan integrasi yang tepat ke dalam sistem internal perusahaan.


Februari 2024 - September 2024
Human Capital Organizational Development

Indonesia Indicator Contract Base

1. Mendukung inisiatif transformasi organisasi yang kompleks dengan tujuan meningkatkan efisiensi operasional dan mendorong inovasi.
2. Mengidentifikasi hambatan kinerja organisasi melalui wawancara dan survei untuk mendorong peningkatan produktivitas.
3. Melakukan riset dan benchmarking terhadap praktik terbaik di industri guna menghasilkan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti dan disesuaikan dengan tujuan transformasi organisasi.
4. Mengembangkan kerangka kerja kompetensi yang komprehensif untuk 24 posisi pekerjaan, mencakup keterampilan teknis dan non-teknis, yang selaras dengan tujuan organisasi dan rencana pengembangan karyawan.
5. Merancang dan mengimplementasikan sistem jalur karier karyawan, termasuk kerangka rotasi pekerjaan dan promosi, yang terintegrasi dengan asesmen kompetensi dan penilaian kinerja.
6. Merancang dan memimpin pengembangan sistem manajemen tugas terintegrasi dan Human Resource Information System (HRIS) yang mencakup perhitungan beban kerja untuk mengoptimalkan alokasi sumber daya.


November 2023 - Februari 2024
Human Capital Organizational Development

Indonesia Indicator Pekerja Lepas

1. Melakukan tinjauan dan riset terhadap metodologi untuk mendukung transformasi organisasi di bidang perencanaan tenaga kerja, manajemen kinerja, dan pengembangan talenta.
2. Mendukung perencanaan dan pelaksanaan 4 (empat) program On-the-Job Training (OJT) serta membantu dalam penyelarasan OKR tim dengan prioritas strategis bisnis pada dua departemen.
3. Merancang dan mengimplementasikan sistem penilaian kinerja, dengan menggunakan umpan balik 360 derajat untuk level manajerial dan evaluasi berbasis KPI/OKR untuk level karyawan.


Juli 2022 - September 2022
Learning Management Intern

PT Telekomunikasi Selular Magang

1. Menyusun dan mengembangkan lebih dari 10 materi e-learning yang selaras dengan kompetensi karyawan yang ditargetkan, ditujukan untuk staf internal dan peserta magang program MBKM.
2. Mendukung entri dan pengelolaan data transkrip akademik untuk lebih dari 500 peserta program MBKM.
3. Melakukan riset dan analisis terhadap 12 program pelatihan luring dan hybrid dari 25 universitas terbaik di AS berdasarkan peringkat QS, guna menyelaraskan program pelatihan dengan kapabilitas krusial perusahaan.


Februari 2022 - Juni 2023
Asisten Praktikum dan Laboratorium

Telkom University - Enterprise System Engineering Laboratory Part Time

1. Membantu dan mengevaluasi lebih dari 750 mahasiswa dalam 14 modul praktikum dengan memanfaatkan Learning Management System (LMS) untuk pelaksanaan pre-test, sesi laboratorium, dan post-assessment.
2. Memimpin tim beranggotakan 3–6 orang dalam pengembangan modul praktikum untuk mata kuliah Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Pengembangan Aplikasi, serta Algoritma dan Pemrograman.
3. Mengoordinasikan dan memfasilitasi pertemuan dengan dosen untuk memastikan kesiapan dan keselarasan pada 3 modul praktikum.

Juli 2025
HR Competency

Human Capital University No.0589/HCU-TR/CER/VI/25

Pelatihan intensif untuk kebutuhan sertifikasi CHCO yang mencakup pilar utama dalam manajemen SDM, termasuk:
1. Penyusunan Job Description
2. Teknik Rekrutmen (BEI & Tes Teknis)
3. Perancangan Training menggunakan Metode ADDIE
4. Penyusunan SOP berbasis ISO:9001
5. Perancangan KPI dengan pendekatan BSC
6. Sistem Compensation & Benefit (Upah Lembur, PPh21, BPJS)
7. Pemahaman UU Ketenagakerjaan (Pesangon, PKWT, Cuti, dsb)

Pelatihan ini memperkuat pemahaman praktis serta kemampuan analitis dalam mengelola fungsi-fungsi strategis dan administratif SDM di lingkungan kerja


Media
HR Competency

Juni 2025
Manajemen Perubahan untuk HR Navigasi Transformasi Organisasi

Laksana Pedia LAKP/006/06/25

Berpartisipasi dalam pelatihan bertema "Manajemen Perubahan untuk HR Navigasi Transformasi Organisasi" bersama fasilitator Riska Adriaty, M.Psi., Psikolog, LCPC dimana pelatihan ini membekali peserta dengan pemahaman dan keterampilan strategis dalam mengelola perubahan organisasi, khususnya dalam konteks peran HR sebagai agen transformasi dalam mendampingi transformasi organisasi di era disrupsi.

Berikut topik dan pendekatan yang dipelajari:
1. Dasar-Dasar Change Management dan tantangan umum dalam organisasi (VUCA, digitalisasi, generasi kerja baru)
2. Model Perubahan:
- ADKAR Model (Prosci): fokus pada proses perubahan individu
- Kotter’s 8-Step Model: pendekatan top-down untuk perubahan organisasi
2. Jenis Perubahan: struktural, budaya, digital, dan strategis
3. Teknik Pemetaan Perubahan menggunakan Change Impact Map untuk menilai dampak terhadap stakeholder dan kebutuhan intervensi HR
4. Strategi Komunikasi Perubahan: transparansi, konsistensi, dan empati, termasuk teknik storytelling organisasi
5. Pendekatan Coaching & Mentoring selama masa transisi dengan penggunaan GROW Model
6. Dukungan Psikologis & Engagement melalui check-in, pulse survey, dan sesi refleksi
7. Peran HR dalam Setiap Fase Perubahan: pre-change, transition, dan post-change

Pelatihan ini juga dilengkapi studi kasus nyata dari perusahaan Indonesia seperti Tokopedia, Kalbe Farma, dan Bank BTPN, yang memperkuat pemahaman praktis terhadap penerapan strategi perubahan di dunia kerja.


Media
Manajemen Perubahan untuk HR Navigasi Transformasi Organisasi

Juni 2025
Workload Analysis

Kelas HR No: B16.1267/WORKSHOP/WLA/VI/2025

[WORKLOAD ANALYSIS]

Kelas HR
Juni 2025

Berpartisipasi dalam pelatihan insentif yang berfokus pada proses sistematis secara end-to-end yang berawal dari melakukan analisis jabatan, penyusunan job description, hingga melakukan analisis beban kerja secara sistematis sebagai alat untuk menghitung kebutuhan SDM yang ideal berdasarkan tugas dan waktu kerja. Dilengkapi dengan praktik menghitung beban kerja berdasarkan satuan waktu, volume kerja, dan pendekatan berbasis hasil kerja, objek kerja, serta alat kerja.

Berikut topik yang dipelajari:
1. Dasar Job Analysis dan Job Description
2. Struktur dan elemen penting dalam Job Description
3. Praktik menyusun Job Description sesuai kaidah dan kebutuhan organisasi
4. Hubungan antara Job Description dan sistem manajemen kinerja, rekrutmen, dan pengembangan SDM
5. Dasar hukum dan konsep WLA
6. Komponen WLA
7. Metode WLA
8. Intepretasi hasil WLA dan penyusunan rekomendasi SDM

Pelatihan ini juga dilengkapi dengan studi kasus dan simulasi perhitungan langsung yang memperkuat pemahaman praktis terhadap penerapan konsep di dunia kerja.


Media
Workload Analysis

September 2024
Key Performance Indicator Based on Jobdesc

Quantum HR No. 07/SRT/QHR/IX/2024

Mengikuti pelatihan intensif dimana pelatihan ini membekali peserta dengan keterampilan menyusun dan mengimplementasikan KPI individu yang terintegrasi dengan job description dan strategi organisasi, dengan pendekatan praktis yang dapat langsung diterapkan.

Materi dan pendekatan yang dipelajari:
1. Konsep dasar KPI: definisi, fungsi, dan pentingnya indikator yang benar-benar mencerminkan kinerja utama.
2. Jenis-jenis KPI berdasarkan aspek pengukuran:
- Biaya (Cost): efisiensi pengeluaran, biaya operasional.
- Waktu (Time): kecepatan kerja, ketepatan waktu.
- Kuantitas (Quantity): volume output, target produksi atau layanan.
- Kualitas (Quality): kepuasan pelanggan/internal, error rate.
- Reaksi Manusia (Human Reaction): keluhan, feedback, turnover.
3. Teknik Cascading KPI dari level organisasi ke level individu.
4. Langkah-langkah praktis menyusun KPI berdasarkan jobdesc:
- Menentukan aktivitas kunci dari jobdesc.
- Menyusun objective dan indikator pengukuran.
- Memberikan bobot sesuai prioritas strategi perusahaan.
- Menyusun key initiatives dan action plan pendukung.
5. Perhitungan dan penilaian KPI:
- Rumus aktual vs target.
- Skoring dan klasifikasi nilai KPI (A, B, C) untuk dasar promosi, bonus, dan evaluasi kinerja.

Pelatihan ini disampaikan dalam format aplikatif yang mencakup sesi latihan langsung, perhitungan KPI berbasis kasus, dan diskusi dua arah antara peserta dan fasilitator.


Media
Key Performance Indicator Based on Jobdesc

September 2024
Six Sigma (Implementation in HR Function)

Kelas HR No: B6.250/WEBINAR/6SIGMA/IX/2024

Berpartisipasi dalam webinar yang berfokus pada penerapan prinsip dan metode Lean Six Sigma (LSS) dalam konteks fungsi Human Resource, dengan penekanan pada peningkatan kualitas proses kerja dan pengurangan variasi untuk mencapai efisiensi dan kepuasan pelanggan internal dengan materi dan pendekatan yang dipelajari sebagai berikut:
1. Six Sigma fundamental
2. Kerangka kerja DMAIC
3. Penggunaan tools analitik six sigma
4. Studi kasus variasi kinerja proses di fungsi HR
5. Konsep VOC (Voice of Customer)
6. Penerapan Six Sigma infrastruktur

Pelatihan ini juga menekankan pentingnya budaya perbaikan berkelanjutan (continuous improvement) serta mindset sistematis dan berbasis data dalam pengambilan keputusan HR.


Media
Six Sigma (Implementation in HR Function)

Juni 2024
Organization Development Strategy

Kelas HR B6.518/WEBINAR/ODS/VI/2024

Berpartisipasi dalam pelatihan intensif mengenai strategi pengembangan organisasi, dengan cakupan materi yang menekankan pada kemampuan HR dalam merancang dan mengelola perubahan organisasi secara sistemik dan berkelanjutan dengan topik dan metode yang dipelajari mencakup:
1. Konsep dasar OD
2. Nilai dan prinsip OD
3. Struktur dan desain organisasi
4. Intervensi OD
5. Kerangka change management
6. Organization design & governance mechanism
7. Strategic alignment & operating model

Pelatihan ini juga menekankan pentingnya assessment berbasis data, mekanisme permintaan perubahan desain organisasi, dan implementasi tata kelola desain organisasi yang terstandarisasi.


Media
Organization Development Strategy

Juni 2024
Training Need Analysis

Kelas HR B5.442/WORKSHOP/TNA/VI/2024

Berpartisipasi dalam pelatihan intensif mengenai analisis kebutuhan pelatihan sebagai langkah strategis dalam merancang pengembangan SDM yang efektif, efisien, dan sesuai dengan kebutuhan organisasi dimana topik dan pendekatan yang dipelajari meliputi:
1. Konsep dan urgensi LNA
2. Jenis analisis kebutuhan pelatihan
3. Langkah-langkah analisis kompetensi
4. Penggunaan tools pendukung

Pelatihan ini juga menekankan pada pemahaman konteks bisnis, verifikasi data kebutuhan pelatihan, serta penerapan focus group discussion untuk mengembangkan solusi pelatihan berbasis data dan strategi perusahaan.


Media
Training Need Analysis
Hard Skills:
Data analysis (SPSS, Tableau)
Manajemen Perubahan
Figma
Bagan Gantt
Manajemen Sumber Daya Manusia
Kemampuan Bahasa Inggris
Metrik dan KPI
Pengembangan Organisasi
Perbaikan Proses
Manajemen Proyek
Manajemen Suksesi & Talenta
Metodologi Agile
Alur kerja dan optimasi
Alat pemodelan proses bisnis
Kerangka kerja manajemen perubahan (ADKAR, Kotter)
Desain struktur kompensasi
Desain kurikulum
Pengembangan kurikulum
Perencanaan kurikulum
ERP (Enterprise Resource Planning)
Metode evaluasi pekerjaan
Lean Six Sigma
Sistem manajemen pembelajaran (LMS)
Manajemen kinerja
Perangkat lunak manajemen proyek (MS Project, Jira)
Perangkat lunak simulasi (Arena, FlexSim)
Sistem HRIS (Human Resource Information System)
Perangkat lunak statistik (SPSS, R)
Analisis SWOT
Struktur rincian kerja (WBS)

Soft Skills:
Adaptabilitas
Problem-solving
Decision-making
Effective communication/meetings
Organizational Transformation
Kepemimpinan
Kolaborasi
Manajemen stres
Manajemen waktu
Pemikiran analitis
Pemikiran kritis
Kemampuan interpersonal
Kemampuan negosiasi
Ketahanan terhadap penolakan
Keterampilan organisasi
Keterampilan presentasi
Kreativitas dalam mencari peluang
Pemikiran strategis
Komitmen
Koordinasi
Disiplin
Menghargai keragaman
Mind mapping
Berpikiran terbuka
Motivasi
Identifikasi masalah
Terbuka pada umpan balik
Menghormati pendapat berbeda
Tentukan tujuan dan tonggak
Kerjasama Tim
Etos Kerja
Etiket tempat kerja