Curriculum Vitae

Faira Nabila Putri Yenita
Saya adalah mahasiswa tahun ketiga di Universitas Brawijaya, jurusan Teknologi Informasi dengan IPK 3,88. Saya memiliki pengalaman signifikan dalam riset, pengembangan strategi bisnis, dan pengembangan prototipe aplikasi melalui lebih dari 10 proyek di bidang aplikasi digital, bisnis, serta kompetisi desain UX. Pengalaman ini mencakup analisis kebutuhan pengguna, riset pasar, dan pengembangan solusi inovatif berbasis teknologi. Saat ini, saya berperan sebagai Associate Product Manager di Magna Partner, dimana saya terlibat dalam riset dan pengembangan produk digital. Dalam peran ini, saya memimpin pengembangan website utama dan unit bisnis, serta admin dashboard yang berfokus pada pengalaman pengguna dan optimisasi performa. Saya juga bertanggung jawab merancang wireframe, dokumentasi teknis, PRD, dan roadmap produk, serta mengelola backlog produk dengan berbagai fitur dan user stories. Pengalaman dan keahlian ini memberikan dasar yang kuat untuk berkontribusi dalam berbagai proyek berbasis teknologi dan riset.
Sedang berjalan
Universitas Brawijaya
S1 • Teknologi Informasi • IPK 3.88
Februari 2025 - Juli 2025
DCI-DBT0213 Researcher

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk • Magang
Mei 2024 - Januari 2025
Associate Product Manager
Magna Partners • Contract Base
Sebagai Associate Product Manager, saya berperan sebagai Product Manager untuk proyek website dan dashboard Magna Partners, dengan tanggung jawab mengawasi pengembangan produk dan memastikan keselarasan lintas fungsi untuk menghasilkan hasil yang berkualitas tinggi. Tugas-tugas saya meliputi:
- Mengelola website utama Magna Partners, website unit bisnis, dan Admin Dashboard, memastikan kinerja optimal serta pengalaman pengguna yang konsisten.
- Merancang wireframe untuk halaman-halaman kunci dan mengembangkan dokumentasi teknis untuk halaman Welcome (versi 2), sesuai dengan kebutuhan proyek.
- Membuat dan menyempurnakan backlog produk serta PRD, memastikan semua user stories sesuai dengan tujuan proyek, serta melakukan UAT dengan 15 partisipan untuk mendapatkan masukan yang dapat ditindaklanjuti.
- Berkolaborasi dengan tim Software Engineering untuk merampungkan persyaratan fitur, meningkatkan efisiensi koordinasi lintas tim hingga 85%.
- Melakukan tinjauan dan presentasi desain HiFi untuk halaman Unit Bisnis dan dashboard, mencapai tingkat persetujuan 90% dari para stakeholder, serta menetapkan roadmap pengembangan yang komprehensif.
Media
Maret 2024 - Januari 2025
Product Manager
Basic Computing Community • Project Base
Sebagai Product Manager di Basic Computing Community, saya memimpin pengembangan produk digital yang inovatif dengan tanggung jawab utama sebagai berikut:
- Memimpin tim beranggotakan 10 orang untuk mengembangkan Career Path AI, sebuah platform yang menyediakan rekomendasi karier personal dan peningkatan CV berbasis analisis AI terhadap CV pengguna.
- Mengelola backlog produk dan memimpin proses Agile Scrum, memastikan kolaborasi yang efisien dan penyelesaian proyek tepat waktu dalam 10 sprint selama 3 bulan.
- Membuat Product Requirements Document (PRD) yang komprehensif, mencakup 10 skenario use case dan 16 user stories untuk mendefinisikan fitur produk dan memastikan keselarasan dengan tujuan stakeholder.
Media
Januari 2024 - Januari 2024
Chief Marketing Officer
Nema Production • Full Time
Sebagai Chief Marketing Officer di Nema Production, saya bertanggung jawab dalam pengelolaan dan pengembangan strategi pemasaran digital untuk meningkatkan kehadiran merek dan konversi klien. Tugas utama saya meliputi:
- Mengelola platform media sosial, termasuk Instagram dan TikTok, dengan mengoptimalkan konten, keterlibatan pengguna, dan konsistensi merek.
- Mengembangkan strategi pemasaran menggunakan teknik funneling, yang berhasil meningkatkan jumlah pengikut sebesar 5% setiap bulan dan mengubah kesadaran audiens menjadi akuisisi klien.
Media
Januari 2024 - Sekarang
Lead
Google Developer Groups on Campus Brawijaya University • Organisasi
Sebagai Lead Google Developer Groups on Campus di Universitas Brawijaya, saya bertanggung jawab untuk memimpin komunitas teknologi dengan skala besar dan memberikan dampak positif melalui berbagai program. Tugas utama saya meliputi:
- Memimpin tim inti yang terdiri dari lebih dari 30 orang, termasuk mentor di 5 divisi, serta mengelola komunitas dengan lebih dari 2.500 anggota, meningkatkan tingkat keterlibatan komunitas hingga 20%.
- Mengorganisasi lebih dari 6 workshop yang diikuti oleh lebih dari 1.000 peserta, dengan fokus pada teknologi Google dan pemberdayaan anggota melalui penguasaan keterampilan praktis.
Media
Desember 2024
Agile Explorer
IBM Skillsbuild • https://www.credly.com/go/0Gcj6CB7
Media
Oktober 2024
Top 10 Techno Entrepreneur Club Business Competition 2024
Institut Teknologi Bandung • https://drive.google.com/file/d/1bx2wdMrrup3uO4A9RmksJ2VGvKhlGVse/view
Tim saya berhasil menjadi salah satu dari 10 finalis terbaik dari lebih dari 150 tim dalam TEC Festival Business Plan 2024. Dalam kompetisi ini, saya mengajukan ide sistem pemantauan peternakan bebek secara real-time berbasis Internet of Things (IoT) yang terintegrasi dengan aplikasi mobile. Saya memimpin sesi brainstorming untuk mengidentifikasi kebutuhan pasar utama dan merumuskan model bisnis yang relevan. Selain itu, saya melakukan riset pasar mendalam serta analisis kompetitor untuk memvalidasi proposal bisnis yang diajukan.
Media
Mei 2024
Juara 1 UI/UX Design MTQ UB 2024
Universitas Brawijaya, Malang • https://drive.google.com/file/d/1bDcGyRSFFs4qCxDpk4zDJkFxpIvSsblw/view
Saya berhasil meraih Juara 1 UI/UX Design MTQ UB 2024 di Universitas Brawijaya, Malang. Dalam kompetisi ini, saya melakukan riset pengguna mendalam melalui wawancara, survei, dan uji coba kegunaan untuk mengidentifikasi masalah utama serta mendapatkan wawasan yang relevan bagi solusi desain. Saya juga menentukan dan memprioritaskan fitur berdasarkan kebutuhan pengguna dan kelayakan teknis, serta berkolaborasi dalam pembuatan wireframe dan prototipe untuk memastikan kegunaan dan keselarasan dengan tujuan kompetisi. Selain itu, saya mengelola pembagian tugas, memastikan penyelesaian tepat waktu, dan menyampaikan presentasi yang menjelaskan hasil riset, proses desain, serta produk akhir secara meyakinkan.
Media
Januari 2024
Juara 1 Information System Festival Business Plan Competition 2024
Universitas Kristen Satya Wacana • https://drive.google.com/file/d/18Ru9hWI-VZAGf7C521ZcD3_v1hI-GTrL/view
Sebagai penghargaan dalam lomba, berhasil meraih Juara 1 ISFEST National Business Plan Competition, mengungguli lebih dari 140 peserta lainnya. Dalam kompetisi ini, berperan aktif dalam memimpin sesi brainstorming untuk mengidentifikasi kebutuhan pasar utama dan merumuskan model bisnis yang relevan. Melakukan riset pasar mendalam serta analisis kompetitor untuk memvalidasi proposal bisnis yang diajukan. Selain itu, mengembangkan sebuah aplikasi yang bertujuan untuk mengurangi dampak fast fashion dengan mempromosikan pilihan pakaian berkelanjutan. Penghargaan ini menunjukkan kemampuan dalam inovasi, riset pasar, dan pengembangan solusi yang berorientasi pada keberlanjutan.
Media
Januari 2024
Juara 1 I/O Festival Business Plan Competition 2024
Universitas Tarumanegara, Jakarta • https://drive.google.com/file/d/1vNuuYz73b4Dzcob2aRl9Ghc5l6RCfm0O/view
Dalam kompetisi ini, tim saya berhasil meraih Juara 1 I/O Festival National Business Plan Competition, mengungguli lebih dari 180 peserta lainnya. Saya memimpin sesi brainstorming untuk mengidentifikasi kebutuhan pasar utama dan merumuskan model bisnis. Saya juga melakukan riset pasar mendalam serta analisis kompetitor untuk memvalidasi proposal bisnis yang diajukan. Selain itu, saya membagi tugas secara efektif di antara anggota tim dan menyampaikan presentasi kepada dewan juri yang menampilkan model bisnis, nilai tambah, serta dampak yang diproyeksikan. Kompetisi ini menghasilkan pengembangan aplikasi kesehatan kulit berbasis AI yang memberikan rekomendasi perawatan kulit secara personal.
Media
Januari 2024
Mahasiswa Berprestasi Utama Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya • https://drive.google.com/file/d/1QvnQFHVvh5b3eaI_YavcvEqQbsyBGdyY/view?usp=drive_link
Diakui sebagai Mahasiswa Berprestasi Utama Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya dengan IPK 3,88 dan mewakili 890 mahasiswa di Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) lainnya.
Pencapaian Utama:
- IPK 3,88.
- Menulis Karya Tulis Ilmiah tentang pengembangan aplikasi untuk membantu mahasiswa dengan gangguan pendengaran dan penglihatan dalam perjalanan belajarnya.
- Meraih lebih dari 50 penghargaan di tingkat regional, nasional, dan internasional, mencakup bidang akademik, kepemimpinan, serta kontribusi masyarakat.
- Aktif di lebih dari 5 organisasi, dengan peran kepemimpinan yang mendorong kerja sama tim, inovasi, dan dampak positif.
Media
November 2023
Juara 1 Information Technology Creative Competition Business Plan 2023
Universitas Udayana, Bali • https://drive.google.com/file/d/1vVmouW_gmLESb0ufyZ5gvSkRSh7nBuSk/view
Tim saya berhasil meraih Juara 1 dari lebih dari 100 peserta lainnya. Dalam kompetisi ini, saya memimpin sesi brainstorming untuk mengidentifikasi kebutuhan pasar utama dan merumuskan model bisnis yang relevan. Saya juga melakukan riset pasar mendalam serta analisis kompetitor untuk memvalidasi proposal bisnis yang diajukan. Tugas-tugas didelegasikan secara efektif kepada anggota tim untuk memastikan kelancaran proses kerja. Presentasi kepada dewan juri disampaikan dengan menarik, menampilkan model bisnis, nilai tambah, serta dampak yang diproyeksikan.