Curriculum Vitae

Brian Gemilang Wijaya
Brian merupakan fresh graduate angkatan 2024 dari Program Studi Sarjana Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung. Aktif dalam berbagai kegiatan organisasi kampus serta memiliki peran penting sebagai pemimpin organisasi mahasiswa. Juga memiliki beberapa pengalaman bekerja salah satunya pada posisi digital market strategy and performance di PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. Memiliki kemampuan yang baik dalam digital marketing dan riset pemasaran, serta terampil mengoperasikan berbagai SEO tools. Memahami analisis strategi pemasaran dan mampu menghasilkan ide-ide konten pemasaran yang kreatif. Tertarik pada topik pengembangan bisnis, digital marketing, serta analisis dan riset pemasaran. Berdedikasi untuk berkarier di bidang pemasaran dan siap memberikan kontribusi positif bagi perkembangan bisnis.
Januari 2024
Universitas Lampung
S1 • Management • IPK 3.67
Juli 2023 - Desember 2023
Marketing

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk • Magang
Juni 2023 - Desember 2023
Digital Market Strategy and Performance Internship
PT Telekomunikasi Indonesia (persero) Tbk • Magang
1.Merancang communication framework dengan 3 pilar konten dan 5 saluran distribusi.
2.Membuat dan menyusun rencana strategi pemasaran PaDi UMKM di kuartal 4 untuk menjangkau konsumen B2B . 3.Melakukan audit dan memperbaiki bug pada backlink dan canonical link.
4.Melakukan riset kata kunci dan membuat SEO text copywriting dari 25 kategori produk di PaDi UMKM dan berhasil meningkatkan traffic kunjungan website 4200.
4.Menyusun dan membuat brief konten social media marketing dan berhasil meningkatkan engagement rate sebesar 10%
5.Melakukan benchmarking keunggulan dan kelemahan produk sejenis dari kompetitor.
Februari 2023 - April 2023
Business Analyst Internship
PT Talenta Sinergi Group • Magang
1.Melakukan benchmarking produk kompetitor untuk menganalisis keunggulan fitur, strategi harga, serta positioning brand di pasar. Hasil analisis digunakan sebagai rekomendasi pengembangan produk dan penyusunan strategi pemasaran yang lebih kompetitif.
2.Melakukan analisis market size, market value,dan market share.
Media
Januari 2023 - Desember 2023
Kepala Bidang Pengembangan Manajemen dan Praktik Wirausaha Mahasiswa
Economics Business and Entrepreneurship Center University of Lampung • Organisasi
1.Memberdayakan dan menginkubasi 2 usaha rintisan mahasiswa untuk dapat tumbuh dan berkembang.
2.Melaksanakan berbagai program untuk mendukung tumbuhnya UMKM inovatif dikalangan mahasiswa melalui pelatihan, kompetisi bisnis dan pemodalan.
3.Mendirikan badan usaha mandiri untuk menunjang keuangan organisasi.
4.Memimpin 3 divisi dengan jumlah anggota 18 orang dalam satu bidang.
Desember 2022 - Februari 2023
Business Development Internship
Lulussidang • Magang
1.Melakukan listing, approaching, pitching dan akuisisi pada 50 calon mitra serta berhasil mengakuisisi 5 mitra bisnis potensial.
2.Mengembangkan strategi kampanye pemasaran dengan brief kalender konten sosial media dan website serta berhasil meningkatkan penjualan sebesar 6 sales per bulan.
3.Membuat text copywring pada setiap konten sosial media yang akan diposting.
4.Melakukan kampanye pemasaran dengan teknik blasting email dan blating whatsapp
Media
September 2022 - Desember 2022
Business Development Internship
PT Rise Langkap Hortikultura • Magang
1.Membuat dan merancang kalender konten pemasaran yang kreatif dengan jumlah 5 konten per minggu serta berhasil menaikan engagemenet rate 5%.
2.Melakukan analisis data persona pelanggan dan data konsumen feedback untuk evaluasi dan mengembangkan strategi bisnis di masa yang akan datang.
Media
April 2022 - November 2022
Kepala Hubungan Masyarakat
Center for Career and Entrepreneurship Development • Organisasi
-Berhasil menjalin hubungan kerjasama sponsor dengan 10 perusahaan dan 5 media partner.
- Memimpin 5 anggota dan bertanggung jawab atas progres program kerja.
Januari 2025
Digital Marketing Strategy and Planning Specialization
Digital Marketing Institute • EGLGPCQ8POQ4
Pelatihan ini memperkenalkan komponen inti pemasaran digital dan tujuan pengembangan strategi digital yang mencakup teknik, keterampilan, dan perilaku dasar yang dibutuhkan untuk memimpin, mengembangkan, dan membina tim berkinerja tinggi yang mampu melaksanakan dan mengoptimalkan strategi digital dengan sukses. Pelatihan ini juga menjelaskan cara menggunakan perencanaan saluran digital, e-commerce, dan metode lainnya untuk memberikan pengalaman merek yang konsisten kepada konsumen di semua titik sentuh.
Media
Desember 2024
DigitalMarketing and E-Commerce
Google • I8L6DIHZM0LW
Mempelajari riset audiens untuk menjalankan strategi bisnis yang baik. segmentasi,targeting dan positioning, riset audiens, bauran pemasaran 7P, SEM,SEO,E-mail Marketing.
Media
Desember 2024
Digital Marketing Analyst
Unilever • MQVEAMU7M15V
Memahami laporan performance kampanye pemasaran, visualisasi dan cara meningkatkanya. Memahami kebutuhan dan keinginan konsumen dan corong pemasaran. Memahami tools yang digunakan untuk digital marketing serta cara mengukur dan menganalisisnya.
Media
Desember 2024
Marketing Strategy Specialization
IE Business School • U0CYC9AWBCDO
Pelatihan ini mencakup konsep dan perangkat yang dibutuhkan untuk mengembangkan strategi pemasaran bagi sebuah bisnis, produk, atau layanan. Dimulai dari memahami konsumen dan teknik riset pasar, kemudian bagaimana cara yang tepat untuk melakukan segmentasi, penargetan, dan pemosisian produk untuk mencapai kesuksesan. Dilanjutkan dengan menganalisis empat area penting dalam pemasaran, yaitu 4P yang terkenal: Produk (Product), Harga (Price), Promosi (Promotion), dan Tempat (Place). Terakhir, pelatihan ini berfokus pada perolehan dukungan untuk strategi tersebut dan mengkomunikasikannya dengan benar dalam sebuah Rencana Pemasaran (Marketing Plan).
Media
September 2024
English Proficiency Test
Universitas Lampung • 385-109/UN26.33/TU.00.08/2024
Skor 467
Media
Februari 2024
MAGENTA FHCI BUMN
PT Telekomunikasi Indonesia (persero) • 00309/MAGENTA/FHCI01/2/24
Sertifikat magang pada bidang marketing dengan nilai A
Media
Januari 2024
Digital Marketing
Badan Nasional Sertifikasi Profesi • BLGENBI16-20240038