Curriculum Vitae

Salsabilla Humaira
Saya memiliki visi untuk menjadi individu yang berdampak melalui penerapan teknologi tepat guna, khususnya di bidang Internet of Things (IoT) dan sistem kendali. Saya tertarik mengembangkan solusi inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat luas, terutama di sektor pendidikan, lingkungan, dan kesehatan. Minat karier saya berfokus pada riset dan pengembangan teknologi yang menggabungkan sensor, otomasi, serta kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) guna menciptakan sistem yang efisien, berkelanjutan, dan adaptif terhadap perubahan zaman. Sebagai mahasiswa dengan latar belakang teknik, saya aktif mengerjakan proyek yang mengintegrasikan mikrokontroler, sensor, dan sistem monitoring, baik dalam kegiatan akademik maupun pengabdian masyarakat seperti Kuliah Kerja Nyata. Saya terbiasa bekerja dalam tim maupun secara individu, memiliki kemampuan berpikir analitis, serta terbiasa menyelesaikan permasalahan secara sistematis dan berbasis data. Bagi saya, teknologi bukan sekadar aspek teknis, tetapi juga alat strategis dalam menjawab tantangan sosial secara nyata. Melalui program Magang Generasi Bertalenta (Magenta), saya berharap dapat mengembangkan kompetensi teknis dan manajerial di lingkungan instansi pemerintah, serta memperoleh pembelajaran langsung dari praktik di dunia kerja seperti industri. Saya percaya bahwa pengalaman ini akan menjadi bekal berharga untuk berkontribusi aktif dalam mendukung transformasi digital dan pembangunan Indonesia di masa mendatang.
Sedang berjalan
Universitas Gadjah Mada
D4 • Teknik Instrumentasi • IPK 3.69
Agustus 2024 - Desember 2024
IoT Engineer Camp Real Project
Indobot Academy • Magang
Saya mengikuti program MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) di Indobot Academy sebagai peserta IoT Engineer Camp – Real Project, yang berfokus pada pengembangan sistem berbasis Internet of Things (IoT). Dalam program ini, saya mempelajari berbagai teknologi seperti mikrokontroler (ESP32, Arduino), komunikasi data (MQTT, HTTP), sensor dan aktuator, serta pemrograman berbasis Python dan C++. Selain pembelajaran teori, saya juga terlibat dalam proyek riil yang menuntut kolaborasi tim untuk merancang, menguji, dan mengimplementasikan solusi IoT untuk permasalahan nyata, seperti sistem monitoring lingkungan dan otomasi rumah pintar. Pengalaman ini meningkatkan keterampilan saya dalam perancangan sistem terintegrasi, cloud computing (Blynk, Firebase), serta dokumentasi teknis proyek.
Media
Januari 2024 - Agustus 2024
Maintenance Instrument Internship
PT Pertamina Geothermal Energy • Magang
Selama menjalani magang di PT Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang, saya ditempatkan di divisi Maintenance Instrument yang berperan dalam pemeliharaan dan pengawasan sistem instrumentasi pada pembangkit listrik tenaga panas bumi. Saya terlibat dalam kegiatan inspeksi, kalibrasi sensor, serta pengecekan dan perawatan alat ukur seperti pressure transmitter, flow meter, dan temperature sensor. Selain itu, saya juga mempelajari sistem kontrol DCS (Distributed Control System) serta mendampingi tim dalam troubleshooting perangkat instrumentasi untuk menjaga kestabilan proses operasional. Pengalaman ini memperluas pemahaman saya tentang sistem kontrol industri dan pentingnya akurasi dalam monitoring parameter proses.
Media
November 2023
Juara Harapan 1 Animasi Pendek (Creative Videos) - Olimpiade Vokasi Indonesia 2023
Forum Perguruan Tinggi Vokasi Indonesia • 4492/UN27.21/KM.05.03/2023
Meraih Juara Harapan 1 dalam kategori Animasi Pendek pada ajang Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) 2023 di Universitas Sebelas Maret (UNS) sebagai peserta individu. Animasi yang saya buat mengangkat tema “Artificial Intelligence bagi Generasi Z”, dengan tujuan memberikan edukasi seputar pemanfaatan dan dampak AI secara informatif dan menarik untuk kalangan muda. Seluruh proses produksi saya kerjakan secara mandiri, mulai dari penyusunan naskah, desain karakter, animasi visual, pengisian suara, hingga editing akhir. Pengalaman ini memperkuat kemampuan saya dalam manajemen proyek kreatif, storytelling digital, serta keterampilan teknis dalam pembuatan animasi edukatif berbasis isu teknologi terkini.