Curriculum Vitae

Ainun Jariyah
Saya Ari, seorang analis aspiratif dengan latar belakang Teknik Industri untuk mengubah sistem kompleks, data, dan riset pasar dengan menggabungkannya untuk mengoptimalkan proses dan mendukung komunikasi kreatif. Saya menggunakan pendekatan pemikiran sistem untuk memecahkan masalah dan menghasilkan solusi yang dapat dikembangkan serta berdampak nyata.
Agustus 2025
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
S1 • Teknik Industri • IPK 3.41
Mei 2021
SMAN 1 GRESIK
SMA/SMK • Sains • Nilai rata-rata: 91.33
Februari 2025 - Juni 2025
Project and Operations Manager Intern
ScaleUp UKM • Magang
▪️Memimpin Divisi SEO – berhasil memproduksi 100+ artikel (peningkatan >2 kali lipat), mengoptimasi 38 artikel dengan skor rata-rata 81+/100, serta mempublikasikan 38 artikel (eksekutor pertama).
▪️Memimpin Divisi Community – berhasil bergabung dan berinteraksi dengan 30+ komunitas UKM, mengelola 12 broadcast pesan edukasi, serta memproduksi 3 proposal partnership (eksekutor pertama).
▪️Mengembangkan database integrasi perusahaan berbasis Google Sheets, meliputi integrasi presensi harian, jurnal mingguan, perhitungan KPI, hingga kebutuhan database untuk 4 divisi.
Media
September 2024 - Februari 2025
Outsourced Digital Product Creator
Excel Expert Indonesia • Pekerja Lepas
Memproduksi 3 produk digital bertajuk Executive Strategic Planner (berbasis Excel), serta Personal Skill Development dan Ramadhan Planner (berbasis Google Sheets) untuk mempermudah dan meningkatkan efisiensi dalam pelacakan serta manajemen waktu.
Januari 2024 - Februari 2024
Human Resources and Organizational Development Intern
PT Petrokimia Gresik • Magang
Menyusun 3 esai inovasi bernama Risalah Sistem Saran yang berfokus pada perancangan sistem informasi Executive HR Dashboard dengan menggunakan framework berupa flowchart, QCDS/EM, PDCA, fishbone diagram, dan DFD untuk efisiensi pemenuhan kebutuhan informasi pekerja.
Media
Maret 2023 - Maret 2024
Staf Media Branding
Badan Eksekutif Mahasiswa FTIRS ITS • Organisasi
▪️Menyusun 3 dari 6 perencanaan branding konten berbasis Google Sheets, menyelenggarakan 2 dari 6 forum luring sebagai wadah diskusi main event departemen Media Branding.
▪️Memenuhi 6 dari 6 permintaan pembuatan konten dan publikasi oleh departemen Dalam Negeri.
Media
November 2022 - November 2024
Senator
Senat Mahasiswa Teknik Industri ITS • Organisasi
Periode 2 – Memimpin sebagai Ketua Biro divisi Media Branding hingga memenuhi 100% target publikasi dan mencapai kepuasan 86,8% dari target 85%.
Periode 1 – Memenuhi 100% target publikasi dan mencapai kepuasan 82,6% dari target 85%, serta berhasil membentuk panitia pemilihan HMTI ITS 2023/2024.
Media
Januari 2022 - Januari 2023
Staf Media Kreatif
UKM Penalaran ITS • Organisasi
▪️Memenuhi 100% permintaan pembuatan konten dan publikasi oleh seluruh departemen, 100% menyusun rekap dokumentasi UKM, dan mendesain 3 dari 6 logo departemen sebagai tugas tambahan.
▪️Memimpin divisi PDD hingga memenuhi 100% permintaan material konten di event Sekolah Kajian dan membuat poster utama event NalarFest.
Media
November 2024
bluChamp: Business Plan Certification
MarkPlus Institute • MICP-327-XI-2024
Mempelajari Analyzing Business Landscapes, Constructing Effective Business Strategies, Developing Successful Business Plans, dan Delivering Winning Presentations.
Media
Januari 2025
Top 6 of Waste Traceability App Design Competition
CocaCola Europacific Partners Indonesia x ITS Surabaya • 123/XII/NOMOR SURAT/ITS
▪️Berhasil lolos sebagai finalis dari ±150 tim atau ±450 peserta, serta meraih posisi ke-6 dari 10 tim finalis melalui pengembangan platform bernama WasteNet yang terintegrasi antar entitas sebagai pelacak jejak limbah berbasis merek produk.
▪️Menyusun analisis pain points dan user experience yang kemudian diterjemahkan ke dalam rancangan user interface.
Media
Desember 2024
Top 5 of bluChamp Business Case Competition Jawa Timur Edition
Blu by BCA x MarkPlus Institute • -
▪️Berhasil lolos sebagai finalis dari ±500 peserta, serta mencapai posisi ke-5 dari 10 tim finalis melalui strategi bertajuk WPS untuk menjawab tantangan menjangkau pengguna sesuai kondisi regional.
▪️Menyusun analisis 4C Diamonds, mekanisme ide, proyeksi finansial berbasis asumsi, serta mendesain visual presentasi.
Media
November 2024
Top 4 of eventconnect.id Essay Competition
PT Konektivitas Tanpa Batas • -
Mencapai posisi ke-4 dari 102 peserta melalui pengembangan ide produk Live Transcribe berbasis Machine Learning untuk mendukung kesetaraan komunikasi bagi penyandang tunarungu dan tunawicara.
Oktober 2024
Top 5 of MONETION Business Plan Competition 2024
HEMa Manajemen FEB Universitas Muhammadiyah Surakarta • 071/E-4/PAN.MONE/HEMA-MNJ/FEB-UMS/X/24
▪️Memimpin tim hingga mencapai posisi ke-5 dari 48 tim atau 152 peserta melalui pengembangan ide sistem forecasting berbasis Machine Learning untuk meminimalkan waste di sektor pertanian.
▪️Menyusun analisis user persona, SWOT, kompetitor, perhitungan TAM-SAM-SOM, mekanisme ide, proyeksi finansial berbasis asumsi, serta mendesain materi visual presentasi.
Media
September 2024
2nd Winner of Business Model Canvas Competition AGRIFEST 2024
UKKM Agritechship Universitas Jember • 084.4/Panpel_AGRIFEST/AGRITECHSHIP/IX/2024
▪️Memimpin tim hingga mencapai posisi ke-2 dari 26 tim atau 80 peserta melalui pengembangan ide sistem forecasting berbasis Machine Learning untuk meminimalkan waste di sektor pertanian.
▪️Menyusun analisis user persona, SWOT, kompetitor, perhitungan TAM-SAM-SOM, mekanisme ide, proyeksi finansial berbasis asumsi, serta mendesain materi visual presentasi.
Media
Agustus 2024
Favorite Winner of Opinion Article Writing Competition 2024
Kementrian Koperasi dan UKM RI • -
Berhasil meraih Juara Favorit dari 833 peserta melalui pengembangan ide platform integrasi UMKM Indonesia berbasis IoT dan e-commerce, guna meminimalkan ketidakkonsistenan informasi serta meningkatkan kolaborasi.
Maret 2023
Top 7 of Business Case Competition MANFEST 2023
HIMA Manajemen Perbanas Universitas Hayam Wuruk Surabaya • 109.17/SERTIF/HMPM/UHW-P/03/2023
▪️Memimpin tim hingga mencapai posisi ke-7 dari ±16 tim atau 50 peserta melalui strategi bertajuk CAKRA dalam menjawab tantangan rendahnya awareness terhadap kesalahan perspektif mengenai batik printing.
▪️Menyusun analisis SWOT, 7P Marketing, PESTLE, serta merancang mekanisme ide.
Media
Oktober 2020
Funded Project of FIKSI 2020 Competition in Graphic Design Category
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI • -
Memimpin tim hingga berhasil lolos sebagai finalis kategori Desain Grafis Terdanai dari 1.665 tim rencana bisnis melalui pengembangan ide desain keberagaman budaya lokal Gresik yang diaplikasikan pada produk muslim, sebagai identitas khas Gresik sebagai Kota Iman.