Curriculum Vitae

Agung Andhika Saputra
Media Social
I am a motivated programmer currently pursuing a degree in Information Systems at UPN Veteran East Java, building upon my foundation from a Software Engineering degree at SMK Telkom Malang. Recently, I completed the Bangkit 2024 Batch 2 program in Mobile Development, gaining valuable hands-on experience and enhancing my technical capabilities, particularly in user-friendly application development.<br /> With a strong interest in both web development and mobile development, I believe the combination of technical knowledge and creativity can lead to exceptional digital experiences that positively impact the IT industry. My internship at PT Telkom Akses Indonesia Banyuwangi allowed me to contribute to the iBooster Telkom website, improving my skills in real-world applications and teamwork.<br /> Currently, I am expanding my expertise in mobile programming using Android Studio and Flutter, excited about their potential to transform user experiences. I excel in both independent and team environments, adapt quickly to challenges, and am committed to continuous learning to contribute meaningfully to innovative technology companies.
Sedang berjalan
UPN VETERAN JAWA TIMUR
S1 • Sistem Informasi • IPK 3.6
Juni 2022
SMK Telkom Malang
SMA/SMK • Rekayasa Perangkat Lunak • Nilai rata-rata: 84.90
September 2024 - Desember 2024
Mobile Developer
Bangkit Academy 2024 By Google, GoTo, Tokopedia, Traveloka - Android Learning Path • Magang
Selama empat bulan mengikuti program Bangkit, saya mengalami perjalanan pembelajaran yang signifikan. Pada bulan pertama, tepatnya tanggal 20 September 2024, saya mengikuti sesi konsultasi mingguan dengan mentor kami, Kak Hilda. Di sesi ini, kami diberikan informasi berharga tentang program dan tips untuk sukses. Saya juga berhasil menyelesaikan beberapa modul dasar, seperti pengenalan logika pemrograman, sambil mencatat poin-poin penting di Google Docs untuk memudahkan review.
Memasuki bulan kedua, pada 6 Oktober 2024, saya menyelesaikan kursus Android Pemula di Dicoding dengan mengembangkan aplikasi "Car Shop Listing". Saya menghadapi tantangan terkait Gradle yang memaksa saya untuk memulai proyek dari awal. Namun, saya aktif mengikuti sesi ILT untuk mendalami Android Fundamentals, termasuk layout dan networking. Tantangan utama yang saya hadapi adalah menyeimbangkan modul belajar dengan sesi mentoring dan menyusun jadwal belajar yang lebih teratur.
Di bulan ketiga dan keempat, keterampilan teknis saya dalam pengembangan Android dan soft skills seperti adaptabilitas terus berkembang. Pada bulan keempat, saya menyelesaikan kursus Implementasi Machine Learning dan fokus pada proyek Capstone dengan tim, di mana kami mengembangkan aplikasi AI Assistant untuk MSMEs. Diskusi intensif dalam tim membantu kami mengatasi tantangan dan meningkatkan keterampilan komunikasi serta manajemen proyek saya.
Media
Juni 2021 - September 2021
Junior Programmer
PT Telkom Akses • Magang
Dalam pengalaman saya, saya telah merancang mockup untuk aplikasi pemantauan lapangan menggunakan Figma, yang bertujuan untuk menciptakan antarmuka pengguna yang intuitif dan efisien. Selain itu, saya juga mengolah data hasil kerja lapangan ke dalam format Excel untuk meningkatkan operasi perusahaan, memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti bagi tim manajemen.
Saya berkontribusi dalam pengembangan situs web iBooster yang berfokus pada pengelolaan inventaris stok, menggunakan teknologi seperti HTML, PHP, CSS, dan basis data MySQL untuk membangun platform yang meningkatkan efisiensi pelacakan dan manajemen stok. Selain itu, saya mengembangkan bot Telegram untuk laporan lapangan tim menggunakan Google Apps Script, yang mengotomatisasi proses pelaporan dan meningkatkan komunikasi di antara anggota tim.
Pengalaman ini tidak hanya memperkuat keterampilan teknis saya, tetapi juga menunjukkan kemampuan saya dalam berkolaborasi dan beradaptasi dengan kebutuhan proyek yang beragam.
Oktober 2024
Pengenalan ke Logika Pemrograman (Programming Logic 101)
Yayasan Dicoding Indonesia • JLX14LRY5X72
Kelas ini ditujukan bagi pemula yang ingin mempelajari logika dalam bidang pemrograman, dengan mengacu pada standar industri. Di akhir kelas, siswa diharapkan dapat memahami logika pemrograman dasar dan menerapkannya dalam pemecahan masalah yang relevan di bidang pekerjaan Software Developer.
Materi yang dipelajari mencakup pengenalan istilah logika dan algoritma, serta jenis-jenis logika pemrograman dasar. Siswa akan mempelajari gerbang logika, termasuk AND, OR, NOT, NAND, NOR, XOR, dan XNOR. Selain itu, mereka akan diperkenalkan pada dasar-dasar computational thinking, yang mencakup metode penyelesaian masalah seperti dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, penulisan algoritma, dan evaluasi. Kelas ini diakhiri dengan penutup yang menjelaskan bagaimana ilmu logika pemrograman yang telah dipelajari dapat diterapkan dalam studi kasus nyata.
Evaluasi pembelajaran dilakukan melalui ujian akhir kelas. Total waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kelas ini adalah 6 jam, memberikan siswa pemahaman yang solid tentang logika pemrograman dasar.
Media
Oktober 2024
Belajar Membuat Aplikasi Android untuk Pemula
Yayasan Dicoding Indonesia • 6RPNY6V4QZ2M
Kelas ini ditujukan bagi pemula yang ingin memulai karir di bidang Android Developer, dengan mengacu pada standar kompetensi internasional dari Google. Di akhir kelas, siswa akan mampu membuat aplikasi Android yang dapat menampilkan daftar dan detail data.
Materi yang dipelajari mencakup pengenalan Android Studio, termasuk instalasi dan komponen penting untuk latihan. Siswa akan membuat aplikasi pertama mereka dengan mempelajari Activity, desain, dan logika dasar, serta penggunaan saveInstanceState.
Selanjutnya, siswa mendalami Intent untuk berpindah antar Activity, serta cara mendebug aplikasi. Materi berikutnya adalah View dan ViewGroup, di mana siswa belajar berbagai layout seperti ConstraintLayout dan LinearLayout.
Kelas ini juga mencakup Style dan Theme untuk mendesain aplikasi lebih cepat, serta RecyclerView untuk menampilkan daftar dan menambahkan library seperti Glide untuk gambar.
Evaluasi dilakukan melalui proyek akhir, di mana siswa membuat aplikasi yang menampilkan daftar konten dan detailnya. Total waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kelas ini adalah 60 jam.
Media
September 2024
Belajar Dasar Git dengan GitHub
Yayasan Dicoding Indonesia • JMZV42GJNXN9
Kelas ini ditujukan bagi pemula yang ingin memulai karir di bidang pemrograman untuk menjadi pengembang perangkat lunak, sesuai dengan standar okupasi Pengembang Software (kode okupasi KBJI: 2512.03, Indotask: 2512). Di akhir pelatihan, siswa diharapkan mampu memodifikasi aplikasi perangkat lunak dengan menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript tingkat dasar, serta memahami spesifikasi dan fungsionalitas aplikasi.
Materi yang dipelajari mencakup pemahaman kebutuhan aplikasi dari sisi pengguna dan spesifikasi teknis, serta perencanaan modifikasi aplikasi melalui pembuatan requirement dan diagram alur. Siswa juga akan mempelajari konsep dasar pemrograman, termasuk sintaksis, variabel, dan logika komputer, serta melakukan modifikasi aplikasi menggunakan HTML5 dan CSS3. Selain itu, siswa diajarkan tentang dokumentasi pemrograman, termasuk pengarsipan perangkat lunak dan penulisan komentar pada kode.
Evaluasi pembelajaran dilakukan melalui ujian akhir kelas dan sertifikat kompetensi kelulusan. Total waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kelas ini adalah 9 jam, memberikan siswa pengalaman praktis yang komprehensif dalam pengembangan perangkat lunak.
Media
September 2024
Memulai Dasar Pemrograman untuk Menjadi Pengembang Software
Yayasan Dicoding Indonesia • 07Z64L532PQR
Kelas ini ditujukan bagi pemula yang ingin memulai karir di bidang pemrograman untuk menjadi pengembang perangkat lunak, sesuai dengan standar okupasi Pengembang Software (kode okupasi KBJI: 2512.03, Indotask: 2512). Di akhir pelatihan, siswa diharapkan mampu memodifikasi aplikasi perangkat lunak dengan menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript tingkat dasar, serta memahami spesifikasi dan fungsionalitas aplikasi.
Materi yang dipelajari mencakup pemahaman kebutuhan aplikasi dari sisi pengguna dan spesifikasi teknis, serta perencanaan modifikasi aplikasi melalui pembuatan requirement dan diagram alur. Siswa juga akan mempelajari konsep dasar pemrograman, termasuk sintaksis, variabel, dan logika komputer, serta melakukan modifikasi aplikasi menggunakan HTML5 dan CSS3. Selain itu, siswa diajarkan tentang dokumentasi pemrograman, termasuk pengarsipan perangkat lunak dan penulisan komentar pada kode.
Evaluasi pembelajaran dilakukan melalui ujian akhir kelas dan sertifikat kompetensi kelulusan. Total waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kelas ini adalah 9 jam, memberikan siswa pengalaman praktis yang komprehensif dalam pengembangan perangkat lunak.
Media
September 2024
Memulai Pemrograman dengan Kotlin
Yayasan Dicoding Indonesia • 07Z64LL9WPQR
Kelas ini dirancang untuk individu yang ingin mempelajari dasar-dasar bahasa pemrograman Kotlin, dengan mengacu pada standar kompetensi internasional dari Google Developers Authorized Training Partner. Di akhir kelas, siswa diharapkan memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep dasar pemrograman, functional programming, dan object-oriented programming (OOP) menggunakan Kotlin.
Materi yang diajarkan mencakup berbagai topik penting, dimulai dengan pendahuluan yang memperkenalkan sejarah dan karakteristik Kotlin, serta perannya dalam pengembangan aplikasi. Siswa akan belajar cara menyiapkan lingkungan pengembangan, termasuk penggunaan Gradle sebagai build tools. Selanjutnya, mereka akan memahami teori dasar Kotlin, kontrol aliran program, dan konsep OOP, termasuk pembuatan class dan penggunaan properti serta fungsi.
Kelas ini juga mencakup pengelolaan data menggunakan special classes dan collections, serta penerapan functional programming dengan extension, lambda, dan higher-order functions. Selain itu, siswa akan diperkenalkan pada generics dan konsep concurrency melalui penggunaan coroutines. Evaluasi pembelajaran dilakukan melalui ujian akhir dan proyek akhir yang mencerminkan hasil pembelajaran. Total waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kelas ini adalah 50 jam, memberikan siswa pengalaman komprehensif dalam pemrograman Kotlin.