Curriculum Vitae

Yulia Dwi Hotma
Portfolio
Saya adalah sarjana Administrasi Perkantoran dari Universitas Sebelas Maret dengan pengalaman organisasi dan magang pada bidang administrasi, customer service, dan keuangan. Memiliki kemampuan dalam analisis data administrasi, manajemen database, manajemen arsip, penyusunan laporan keuangan, pembuatan proposal, dan presentasi. Selain itu, memiliki interpersonal yang kuat seperti komunikasi efektif dan kerja sama tim. Saat ini memiliki keinginan untuk mengembangkan kemampuan manajemen administrasi dan keuangan di lingkup profesional.
Juli 2024
Universitas Sebelas Maret
S1 • Pendidikan Administrasi Perkantoran • IPK 3.72
Februari 2025 - Desember 2025
Tenaga Magang KC Banyumas Kanwil Yogyakarta

Perum BULOG • Magang
Juni 2024 - Juli 2024
Administrator
Kantor Administrasi FSRD UNS • Magang
- Mengelola surat masuk dan surat keluar, verifikasi rekap bulanan, dan menginput data ke dalam website khusus administrasi sebanyak 350+ selama 2 bulan masa kerja.
- Mengelola arsip aktif dan inaktif mulai dari input dokumen hingga pemusnahan dokumen, dan menyelesaikan dokumen arsip sebanyak 1750+ selama 2 bulan masa kerja.
Maret 2023 - Juni 2023
Administrasi dan Frontliner
Kantor Kecamatan Sumpiuh • Magang
Magang Administrasi :
- Bertanggung jawab dalam pengelolaan data administrasi, pembuatan surat, rekap data SPPD, dan menginput dokumen administrasi 50+ perhari.
- Menyiapkan bahan dan menyusun agenda rapat internal, rapat kerjasama pihak eksternal, dan menangani website kantor untuk publikasi laporan kerja sebanyak 45+ konten selama 4 bulan.
- Melakukan verifikasi dokumen Surat Perintah Membayar (SPM), mengelola arsip, dan validasi data baru dari pelayanan Kantor Kecamatan Sumpiuh.
Magang Frontliner:
- Melayani masyarakat dalam proses pembuatan dokumen kependudukan dan urusan legalitas izin kegiatan masyarakat, dan memproses dokumen ajuan 70+ perhari.
- Menjelaskan masyarakat mengenai kelengkapan dokumen yang akan diajukan, serta memberikan informasi yang dibutuhkan terkait fitur pelayanan online dan cara penggunaannya.
Agustus 2022 - Oktober 2022
Asisten Administrasi di Divisi Solopos Institute
Solopos Media Group • Magang
- Mengelola platform recruitment magang di Divisi Solopos Institute mulai dari merekap data pelamar hingga membantu klasifikasi pembagian kerja.
- Melakukan arsip, menyusun agenda rapat, rekap pengeluaran program kerja, serta mengelola surat masuk dan surat keluar di Divisi Solopos Institute.
- Bertanggung jawab dalam mengelola media sosial, merencanakan dan membuat konten sebanyak 25+ selama masa kerja, serta mengoptimalkan eksistensi Divisi Solopos Institute di platform media sosial.
Februari 2022 - Desember 2022
Wakil Menteri Keuangan Kabinet
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNS • Organisasi
Bertanggungjawab untuk menjadi sekretaris sekaligus wakil menteri dalam bidang keuangan organisasi, mengkoordinasikan tim dalam rapat, membantu mengelola kas organisasi, dan membuat laporan keuangan organisasi.
Januari 2022 - Desember 2022
Kepala Bidang Administrasi
ORMAWA Taekwondo UNS • Organisasi
Bertanggungjawab dalam perencanaan dan pengelolaan program kerja Ormawa Taekwondo UNS, mengkoordinasi tim bidang administrasi, memimpin rapat, dan menyusun laporan pertanggungjawaban organisasi selama 1 periode.
Februari 2021 - Desember 2021
Ketua Divisi Administrasi
Pustaka PAP UNS • Organisasi
Mengkoordinasikan tim divisi dalam mengelola administrasi organisasi, memimpin rapat, dan perencanaan program kerja pada organisasi Pustaka PAP di Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS.
September 2023
Sekretaris Junior
Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) • 8211041105000003792023
Sertifikat Sekretaris Junior dari BNSP adalah bukti kompentensi dibidang administrasi profesional. Sertifikasi ini memastikan kemampuan sesuai standar nasional, meningkatkan profesionalisme, dan memenuhi regulasi. Materi pelatihan mencakup atas mengelola dokumen surat, arsip, komunikasi, mengatur rapat, hingga mengelola kas kecil dsb.