Curriculum Vitae

Vania Talitha

Vania Talitha

Kota Semarang
Terakhir login 1 bulan yang lalu

Portfolio
Media Social

Saya adalah mahasiswa jurusan Manajemen di Universitas Diponegoro Angkatan 2022 yang memiliki ketertarikan di bidang Marketing dan industri kreatif. Selama masa perkuliahan, saya aktif mengikuti berbagai organisasi, pengalaman magang, perlombaan, serta kegiatan volunteer. Sebagian besar pengalaman yang saya miliki adalah seputar social media management, content creating, serta graphic design. Maka dari itu, saya ingin lebih meningkatkan pengetahuan serta keterampilan terkait marketing dan content creator melalui program Magenta. Dalam hidup, saya memiliki visi "life-long learner," yang mana saya selalu berupaya untuk terus mengembangkan diri baik dari aspek karir maupun pengembangan diri. Harapannya, melalui Magang Magenta, saya bisa terus belajar dan meningkatkan kualitas diri sehingga bisa berkontribusi secara real dan menginspirasi lingkungan sekitar.

Sedang berjalan
Universitas Diponegoro

S1 Manajemen IPK 3.77

Desember 2024 - Januari 2025
B2B Intern

PT Indosat Tbk Magang

Selama menjalani programn magang di Divisi B2B Indosat Ooredoo Hutchison, saya banyak belajar tentang bagaimana perusahaan memberikan solusi telekomunikasi yang inovatif dan disesuaikan untuk kebutuhan klien korporat. Divisi ini menangani berbagai layanan seperti konektivitas, cloud, IoT, hingga managed services. Sebagai B2B Intern, saya bertugas mengelola berbagai dokumen terkait transaksi klien, seperti FAB, FKB, SPPBJ, BAST, dan dokumen penting lainnya. Saya juga bertugas membuat notulen dari hasil diskusi bersama klien, yang membantu tim B2B untuk memastikan informasi penting tidak terlewat. Selain itu, saya ikut membantu mencatat dan memantau pengeluaran divisi menggunakan Excel, untuk memudahkan proses reimbursement karyawan tim B2B.


Media
B2B Intern

September 2024 - Oktober 2024
Data Quality Assurance Intern

Direktorat Jenderal Pajak Magang

Selama saya bergabung di Divisi Data Quality Assurance, saya bertugas membantu memastikan keakuratan dan integritas data perpajakan melalui proses riset, pengumpulan, pengolahan, dan penyajian informasi pajak yang cermat. Saya bertugas membantu pencatatan dokumen perpajakan, memberikan dukungan teknis dalam pengolahan data, serta mengelola administrasi hasil legal dan pemrosesan data. Dalam kurun waktu tiga minggu, saya berhasil mencatat lebih dari 500 transaksi dokumen seperti AJB, SKMHT, APHT, APHB, dan hibah menggunakan Microsoft Excel. Saya juga membantu dalam pencatatan data lebih dari 100 barang rumah tangga yang akan dihapuskan pada akhir periode akuntansi melalui situs SAKTI milik Kementerian Keuangan. Selain itu, saya turut mencatat data kehadiran 107 pegawai, termasuk mengelola data izin, cuti, pelatihan, dan penugasan, secara akurat menggunakan aplikasi internal Kementerian Keuangan.


Media
Data Quality Assurance Intern

Februari 2024 - September 2024
Creative Media Staff

Diponegoro Capital Market Days Organisasi

Diponegoro Capital Market Days (DCMD) merupakan salah satu kompetisi pasar modal terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh KSPM FEB Undip. Acara ini terdiri dari dua rangkaian utama, yaitu kompetisi valuasi saham dan seminar pasar modal. Seiring berjalannya waktu, DCMD berhasil menarik peserta dari berbagai daerah di Indonesia bahkan dari luar negeri. Dalam kepanitiaan DCMD, saya terlibat dalam mendesain berbagai kebutuhan visual, mulai dari template latar belakang virtual, sertifikat peserta, merchandise, hingga konten Instagram. Bersama tim yang terdiri dari lebih dari 5 staf, saya mengembangkan desain layout dan mockup menggunakan Adobe Illustrator dan Figma. Saya juga turut meningkatkan branding visual DCMD sebesar 10%–15% melalui pembuatan konten infografis berbentuk carousel Instagram sebanyak 3–4 kali setiap bulan, dengan total lebih dari 50 slide yang dipublikasikan.


Media
Creative Media Staff

Januari 2024 - Januari 2024
Social Media Content Intern

PT Media UMKM Indonesia Magang

Selama menjalani magang di Info UMKM Indonesia (PT Media UMKM Indonesia), saya ditempatkan di Divisi Sosial Media Konten yang berfokus pada pembuatan konten seputar kewirausahaan dan pengembangan bisnis, sesuai dengan visi perusahaan dalam mendukung dan memberdayakan para pelaku UMKM melalui program pelatihan, pendanaan, dan pendampingan. Selama magang, saya mendapatkan penilaian “Excellent” atas kinerja saya, terutama dalam hal kerja sama tim dan ketelitian dalam menyusun konten. Setiap minggunya, saya menyusun lebih dari 10 ide konten infografis, dimulai dari riset mendalam menggunakan sumber-sumber yang kredibel hingga membuat brief lengkap berisi judul, isi, dan referensi desain untuk tim desainer grafis. Saya juga membuat caption yang menarik serta memilih hashtag yang relevan agar setiap konten dapat menjangkau audiens yang tepat di media sosial perusahaan, khususnya di Instagram dan Telegram komunitas UMKM.


Media
Social Media Content Intern

Desember 2023 - Desember 2024
Manager of Social Media Division

Kelompok Studi Pasar Modal FEB Undip Organisasi

KSPM FEB Undip (Kelompok Studi Pasar Modal Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro) merupakan organisasi mahasiswa yang bergerak di bidang pasar modal. Organisasi ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan teoritis dan praktis seputar pasar modal melalui berbagai program kerja dan fasilitas, termasuk Galeri Investasi BEI. Sebagai kepala divisi sosial media, saya dipercaya untuk memimpin tim yang terdiri dari 4 staf, dengan membagi tugas seperti copywriting, pembuatan konten, pengelolaan media sosial, dan branding. Hasilnya, terjadi peningkatan engagement dan jangkauan unggahan sebesar 15%–20%. Saya juga menyusun perencanaan konten bulanan yang mencakup video edukasi pasar modal, rangkuman pasar, artikel teknikal, konten tren, serta peringatan hari nasional, dengan total lebih dari 50 konten yang dipublikasikan. Selain itu, saya menganalisis performa media sosial KSPM di berbagai platform (Instagram, Twitter, TikTok, LinkedIn, YouTube, dan LINE Official), dan menyusun laporan media sosial sebanyak sebagai bahan evaluasi dan strategi pengembangan.


Media
Manager of Social Media Division

Oktober 2022 - Oktober 2023
Public Relation Staff

Indonesia Marketing Association Subchapter Undip Organisasi

IMA (Indonesia Marketing Association) Subchapter Undip merupakan organisasi yang berfokus pada pengembangan ilmu bisnis, khususnya di bidang pemasaran. Dalam kepengurusan sebagai Public Relation Staff, saya berperan dalam membangun brand awareness IMA Sc Undip melalui pengelolaan media sosial dan perencanaan konten di berbagai platform seperti Instagram, TikTok, Website, YouTube, dan LINE Official Account. Saya bertanggung jawab dalam membuat konten dan menulis caption untuk berbagai unggahan Instagram, termasuk press release kegiatan IMA, peringatan hari besar, serta konten edukatif, dengan total lebih dari 50 unggahan. Selain itu, saya diberi kepercayaan untuk menjadi PIC dalam bazaar UKM Expo dalam rangka memperkenalkan IMA sebagai wadah memperluas wawasan terkait marketing kepada para mahasiswa baru.


Media
Public Relation Staff
Agustus 2024
Mini Course Revou

PT Revolusi Cita Edukasi -

Selama Mini Course digital marketing Revou, saya belajar beberapa topik fundamental terkait marketing. Pelatihan diawali dengan pembahasan peran marketing dalam dunia bisnis, yakni bagaimana cara brand mengemas produk yang dapat menyelesaikan masalah pelanggan. Marketing communication pun dibahas, yang mana terbagi jadi dua aksi Utama (acquisition dan retention) serta channel yang digunakan (organic dan paid). Setelah itu, pelatihan mulai membahas topik yang lebih spesifik, seperti CRM, SEO, dan SEM. Pelatihan revou ditutup dengan membawakan materi skill apa yang diperlukan untuk menjadi seorang digital marketing. Setelah sesi pembelajaran berakhir, para peserta diberikan post-test untuk mengetes pemahaman selama pembelajaran.


Media
Mini Course Revou
September 2024
Manager of The Month: September 2024

KSPM FEB UNDIP -

Manager of The Month adalah bentuk apresiasi KSPM terhadap kepala divisi yang memiliki kinerja memuaskan. Pada bulan September 2024, saya diberi kepercayaan menerima penghargaan ini atas kolaborasi saya dan tim divisi social media sebulan penuh pada kala itu. Saya mengoptimalkan penggunaan social media KSPM khususnya Instagram dan TikTok melalui perencanaan dan penjadwalan konten, kemudian mendelegasikannya kepada rekan-rekan divisi. Di samping itu, divisi social media pada saat itu juga aktif dalam mempromosikan program kerja terbesar KSPM, yaitu DCMD (Diponegoro Capital Market Days) yang merupakan kompetisi equity research. Berkat kerja sam dan kerja keras, kami berhasil menggaet 30+ tim yang berasal dari berbagai universitas dalam negeri serta luar negeri.


Media
Manager of The Month: September 2024

Mei 2024
Juara 2 Metromini Design Competition

BEM FEB UNDIP -

Metromini Design Competition 2024 adalah kompetisi yang diselenggarakan oleh BEM FEB UNDIP. Kompetisi ini terdiri dari berbagai cabang perlombaan seputar seni, salah satunya adalah lomba membuat poster yang saya ikuti. Metromini membawakan tema “How to Build a Good Personal Branding on Social Media,” yang mana peserta diberikan waktu satu minggu untuk menyusun posternya dengan ketentuan visualnya mengambil inspirasi dari Ghibli Studio. Saya memulai pembuatan poster ini dengan meriset terlebih dulu isi posternya dari internet kemudian membuat layout kasar poster. Setelah itu, saya mendesign poster tersebut dengan mengombinasikan Canva dan Figma. Setelah proses panjang, saya dipercaya untuk mendapat penghargaan Juara 2 pada kompetisi ini.


Media
Juara 2 Metromini Design Competition
Hard Skills:
Desain Grafis
Figma
Pembuatan konten
Manajemen konten

Soft Skills:
Adaptif
Manajemen waktu
Berorientasi pada detail
Kecerdasan emosional