Curriculum Vitae

Saskia Adha Falakhi
Lulusan Teknik Industri dengan pengalaman kuat dalam administrasi SDM, dukungan rekrutmen, dan analisis beban kerja. Menunjukkan kemampuan dalam mengelola data karyawan, menyusun dokumen SDM, mengembangkan SOP, dan mendukung proyek pemetaan kompetensi selama magang di PLN Batam, PT Mifa Bersaudara, dan Staf Sumber Daya Manusia bersertifikat BNSP GAO Tek Inc. dengan pemahaman yang kuat tentang proses operasional SDM termasuk rekrutmen, komponen penggajian, dan kepatuhan. Berorientasi pada detail, terorganisir, dan berkomitmen untuk memberikan dukungan SDM yang akurat dan efisien.
Februari 2024
Universitas Syiah Kuala
S1 • Teknik Industri • IPK 3.43
November 2024 - Mei 2025
Internship Staff Sumber Daya Manusia

PT PLN Batam • Magang
Januari 2024 - Januari 2024
HR Intern
Gao Tek • Magang
• Mencari dan menghubungi 100+ kandidat potensial melalui LinkedIn, Instagram, dan Telegram.
• Menyaring 10+ CV dan wawancara terkoordinasi dengan kandidat terpilih.
• Mengelola proses rekrutmen magang menyeluruh mulai dari seleksi hingga orientasi.
• Membuat laporan kemajuan rekrutmen harian dan mingguan serta mempresentasikannya kepada HR Team Leader.
Januari 2024 - Sekarang
Pendamping Produk Halal
Lembaga Pendampingan Proses Produk Halal (LP3H) – USK • Pekerja Lepas
• Melakukan survei lapangan pada 50+ UMKM untuk mengumpulkan data mengenai lebih dari 100 produk yang belum tersertifikasi halal.
• Menyusun dan mengunggah data 100+ produk guna memenuhi persyaratan sertifikasi halal di situs SIHALAL.
• Melakukan audit fasilitas, proses produksi, dan bahan baku di 50+ UMKM untuk memastikan sudahsesuai dengan regulasi halal.
• Berhasil membantu UMKM dalam menerbitkan 50+ Sertifikat Halal dari KEMENAG.
September 2022 - November 2022
PJ Decoration and Creatif Designer
Industrial Science Art and Talent (I -SAT) XI • Project Base
1. Acara terbesar dari Himpunan Teknik industri di 5 Kota di Aceh.
2. Melakukan persiapan gedung dan dekorasi acara.
Juli 2022 - Oktober 2022
Staff Human Capital
PT Mifa Bersaudara • Magang
• Mengelola proses pembuatan dan distribusi lebih dari 50 kartu identitas karyawan.
• Menyusun dan mengirim lebih dari 10 surat tanggapan resmi untuk pelamar magang dan penelitian, memastikan komunikasi tepat waktu sesuai dengan pedoman perusahaan.
• Berkolaborasi dengan kepala departemen untuk meninjau dan merevisi lebih dari 20 dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP) perusahaan di departemen Human Capital.
• Mengorganisir lebih dari 500 dokumen karyawan menggunakan sistem pengarsipan manual, memastikan kategorisasi yang tepat untuk kemudahan pencarian.
Februari 2021 - Januari 2023
Staff Ekonomi Kreatif
Himpunan Mahasiswa Teknik Industri • Organisasi
1. Menyelenggarakan seminar kewirausahaan dan memberikan pelatihan pengembangan usaha mikro pada mahasiswa
lingkungan.
2. Berkoordinasi dan berkolaborasi dengan divisi lain mengenai program kerja yang akan dilaksanakan.
3. Melakukan rekapitulasi dana kas mingguan dan bulanan.
Februari 2020 - Februari 2021
Staff Hubungan Masyarakat
Himpunan Mahasiswa Teknik Industri • Organisasi
1. Bertanggung jawab terhadap setiap program kerja yang diberikan oleh Kepala Departemen.
2. Mengelola dan memperkuat komunikasi dan hubungan antara universitas eksternal dan internal
organisasi kemahasiswaan yang berkaitan dengan perencanaan, studi banding, dan pertukaran gagasan terkait program kerja organisasi.
3. Merencanakan dan menyusun rekrutmen calon panitia berdasarkan uji kemampuan dan kepatutan.
Juni 2025
HR Payroll Specialist
Ioada Academy • 023/KOMP-HR/BTC/VI/2025
Mengikuti Bootcamp HR Payroll Specialist yang membahas proses penggajian secara manual, mulai dari perhitungan gaji, tunjangan, potongan, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, hingga pajak PPh 21. Pelatihan ini juga menekankan pemahaman terhadap regulasi ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia.
Media
Januari 2025
Staff Sumber Daya Manusia
Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) • 70209 1212 3 0000031 2025
1. Menyusun Uraian Jabatan
2. Melakukan Administrasi Jaminan Sosial
3. Melakukan Administrasi Pengupahan
4. Melakukan Administrasi Penerapan Kebijakan MSDM
Media
Mei 2024
HR Generalist
ManajemenSDM.net • MSDM/HRG-04/V-2024/010
• Introduction : HR Management
• Administration of HR
• Recruitment Process
• Understanding Labor Law
• Basic Performance Management
• People Development
• People Analytic
• General Affair & Legal Aspec
Media
Mei 2024
HR Staff Online Training
Quantum HR Indonesia • 065/SRT/QHR/IV/2024
1.UU Ketenagakerjaan, UU Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah Turunannya
2.A-Z Recruitment, menjalankan aktivitas rekrutmen end to end
3.Administrasi Payroll, Komponen Upah, Lembur, BPJS dan PPH 21
4.Membuat Perjanjian Kerja PKWT/PKWTT
5.Membuat SOP
6.Membuat Jobdesc
7.Man Power Planning dan Rekrutmen
8.TNA, Training Metode ADDIE
9.Peraturan Perusahaan (PP) dan Perjanjian Kerja Bersama/PKB
Media
Desember 2023
Basic Human Resources
Kelas.com • CERT-84AFE638
1. Pengenalan Profesi Human Resources
2. Human Resources Management Framework
3. Penyusunan Standard Operating Procedure (SOP)
4. Pengenalan Jenis Dokumentasi Human Resources
5. Strategi Recruitment
6. Human Resources Flow End to-End
7. Pengenalan Training Need Analysis (TNA)
Media
Desember 2023
Belajar Dasar Human Capital Managemen
Kelas.com • CERT-225E499F
1. Pengetahuan Dasar Human Capital Management
2. Fungsi Human Capital Management
3. Peningkatan Pembelajaran Human Capital Management
4. Aspek Pengukuran Human Capital Management
5. Penyelarasan Kerangk dengan Perusahaan
6. Pengimplementasian Human Capital Management