Curriculum Vitae

Rosita Ardhitya Romadhona
Mahasiswa semester 6 Program Studi Administrasi Bisnis dari Universitas Diponegoro yang aktif berorgananisasi dan mengikuti kepanitiaan. Berorientasi pada detail, responsif, serta memiliki minat besar dalam hal administrasi, operasional, dan manajemen yang terstruktur. Mempunyai pengalaman magang di PT KAI yang telah memperkuat keterampilan kerja sama tim dan komunikasi. Terbiasa menggunakan berbagai aplikasi administrasi seperti Microsoft 365, Google Workspace, Canva, Trello. Berkomitmen untuk terus mengembangkan skill dengan berkontribusi pada keberjalanan sektor BUMN.
Sedang berjalan
Universitas Diponegoro
S1 • Administrasi Bisnis • IPK 3.77
Februari 2025 - Sekarang
Sekretaris 1
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP Undip 2025 • Organisasi
Saat ini saya masih menjadi anggota aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP Undip sebagai Sekretaris 1 yang tergabung dalam Biro Administrasi. Pada lingkup terkecil dalam Biro Administrasi saya berkoordinasi dengan Sekretaris 2, Bendahara 1, dan Bendahara 2. Biro Administrasi memiliki program kerja Sekolah Sekbend & Lingkar Sekbend, dimana program ini bertujuan untuk menjelaskan SOP administrasi dan keuangan, serta bonding antar sekretaris dan bendahara BEM FISIP. Dalam alur komunikasi ke atas, Biro Administrasi berkoordinasi dengan Ketua BEM, Wakil Ketua BEM, dan Tim Penjamin Mutu Organisasi. Dalam alur komunikasi ke bawah, Biro Administrasi bertanggung jawab terhadap seluruh sekretaris dan bendahara bidang. Disini saya berperan untuk mengelola administrasi eksternal FISIP, serta melakukan pengecekan terhadap proposal dan LPJ program kerja seluruh bidang BEM FISIP yang didanai oleh RKAT (dana universitas). Dalam alur komunikasi ke eksternal, saya berkoordinasi dengan Senat Mahasiswa FISIP Undip, Staff Akademik, Dosen Pendamping BEM FISIP, jajaran dekanat FISIP, serta Biro Administrasi BEM Undip.
Desember 2024 - Februari 2025
Mahasiswa
PT Kereta Api Indonesia (Persero) • Magang
Berkesempatan untuk magang selama 2 bulan di PT KAI DAOP 5 Purwokerto Unit Angkutan Penumpang. Beberapa kegiatan saya selama magang yaitu merekap GAPEKA 2025 (Grafik Perjalanan Kereta Api), menjadi admin yang mengelola pendaftaran peserta Edutrain dan bersama tim menjadi guide dalam program Edutrain, merekap data demografi penumpang naik-turun di stasiun DAOP 5 yang nantinya digunakan untuk merencanakan strategi marketing Unit Angkutan ke depannya. merekap keluhan konsumen, merekap data pembelian tiket rombongan, meneruskan dokumen ke unit lain, membuat kalender event nasional untuk keperluan pemasaran, menyiapkan merchandise untuk pelanggan loyal KAI, event Valentrain, Imlek, serta mengikuti kegiatan peresmian KA Cakrabuana
September 2024 - Desember 2024
Mahasiswa
PT Lacorre Loka Maya • Project Base
Pada saat semester 5 saya mengikuti program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) di PT Lacorre Loka Maya melalui sistem pembelajaran daring berbasis LMS. Saya terlibat dalam kegiatan yang dirancang untuk mengasah keterampilan di bidang ekspor berbasis digital. Dalam program ini, saya mempelajari kompetensi teknis seperti strategi pemasaran online, riset pasar, logistik, dan sertifikasi produk dengan keterampilan teknologi digital, seperti e-commerce dan media sosial. Saya memperoleh pengalaman praktis melalui simulasi, praktik langsung, dan kolaborasi tim. proyek akhir yang saya lakukan yaitu praktikum Export Product, dimana saya dan tim membuat produk bernama Vest Embroca. Dalam praktikum tersebut kami menjelaskan mengenai pengembangan produk, inovasi dan kreativitas produk, melakukan analisis target pasar, persaingan, pengujian kualitas, serta membuat strategi yang mendukung keberlanjutan. Kami juga mengevaluasi proses pengiriman dan pembelian produk, serta menganalisis penetapan harga jual dan promosi
Media
Februari 2024 - Desember 2024
Wakil Ketua
Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Administrasi Bisnis • Organisasi
Pada tahun 2024 saya mendapat tanggung jawab sebagai Wakil Ketua HMPS Administrasi Bisnis. Bersama dengan Ketua, sekretaris, bendahara, dan ketua biro kami tergabung dan berkoordinasi dalam Pengurus Harian (PH) sebagai top management di HMPS. Saya bertanggung jawab langsung kepada Ketua Himpunan, membantu ketua dalam mengelola keberjalanan dan kebijakan strategis HMPS Administrasi Bisnis dalam 1 periode, bersama Biro Internal bertanggung jawab dalam monitoring dan evaluasi langsung Badan Pengurus Harian (BPH) sebagai middle management dan melakukan MonEv terhadap Staff Bidang melalui perantara Biro Internal. Berkoordinasi dengan stakeholder, seperti komunitas yang dibawahi oleh bidang di HMPS Administrasi Bisnis maupun yang dikelola oleh mahasiswa Administrasi Bisnis, dalam keberjalanannya selaras dengan seluruh pimpinan ormawa FISIP, berkoordinasi dengan Ketua Program Studi dan jajaran dosen Administrasi Bisnis, jajaran birokrat FISIP, serta Ikatan Alumni (IKA) FISIP
Maret 2023 - Desember 2023
Staff Departemen Kesejahteraan dan Aksi Strategis
Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Administrasi Bisnis 2023 • Organisasi
Pada saat semester 2 hingga 3 saya menjadi Staff Departemen Kesejahteraan dan Aksi Strategis di HMPS Administrasi Bisnis 2023. Departemen Kestrat terbagi dalam 2 divisi yaitu Kastrat dan Advokesma, saya sendiri tergabung dalam Divisi Advokesma yang bergerak dalam pemberian layanan dan informasi akademik mulai dari UKT, IRS, KKN, hingga info beasiswa dan magang. Dalam Advokesma saya bekerjasama dengan Senat Mahasiswa FISIP Undip, BEM FISIP Undip, kepala program studi dan admin prodi. Dalam Departemen Kestrat, saya berperan menjadi Ketua Pelaksana program kerja Career Talk, Sekretaris program kerja Collaboration, dan Staff Acara program kerja Forum Discussion. Setiap bulannya saya juga membuat infografis atau video yang memuat informasi seputar karir dan magang yang sesuai dengan background mahasiswa Administrasi Bisnis.
Media
Mei 2024
PELATIHAN OPERATOR KOMPUTER MUDA
Campus Digital • 0997/Pelatihan/CD/V/2024
Dalam sertifikasi ini saya mendapatkan pelatihan langsung dalam mengoperasikan Word, Excel, dan PowerPoint. Saya diajarkan untuk membuat penomoran surat secara otomatis, menggunakan rumus dalam Excel, dan membuat proposal kreatif menggunakan PowerPoint. Setelah itu, saya melakukan uji sertifikasi dengan asesor dalam bentuk wawancara dan praktik pengoperasian Word, Excel, dan PowerPoint sesuai dengan materi yang telah diajarkan sebelumnya.