Curriculum Vitae

M. Bintang Cahya
Media Social
Lulusan jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Diponegoro dengan pengalaman dalam pengelolaan data, organisasi informasi, dan dokumentasi perusahaan. Memiliki minat dan berpengalaman dalam bidang pustakawan, pengendalian dokumen, manajemen arsip, serta penerapan teknologi informasi untuk mendukung efisiensi dan akurasi pengelolaan informasi. Dan siap memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan.
Januari 2024
Universitas Diponegoro
S1 • Ilmu Perpustakaan • IPK 3.39
Februari 2025 - Juli 2025
Internship_Department Manajemen Kearsipan dan HRIS_Regional 2_Batch 1 Tahun 2025

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) • Magang
Desember 2022 - Februari 2023
Pustakawan
Perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro • Magang
Selama magang di Perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, tugas yang saya lakukan meliputi inventarisasi bahan pustaka baru, Saya juga melakukan klasifikasi bahan pustaka berdasarkan sistem Dewey Decimal Classification (DDC). Selain itu, saya bertanggung jawab pada entri data dengan memasukkan informasi koleksi ke dalam sistem perpustakaan yang terkomputerisasi. Termasuk memproses dan mengatur tag RFID untuk identifikasi koleksi. Dan turut menyusun koleksi di rak(shelving) sesuai sistem klasifikasi. Dan Berhasil mengelola lebih dari 1.000 koleksi baru di perpustakaan dengan memastikan proses inventarisasi, klasifikasi, dan entri data berjalan lancar. Selain itu memproduksi video pengenalan aplikasi peminjaman e-book yang ditayangkan di televisi kampus. Dan saya menyusun modul panduan terkait layanan dan fasilitas Perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Pengalaman ini memperkuat kemampuan saya dalam manajemen koleksi, produksi media informatif, dan pengembangan materi edukasi berbasis perpustakaan.
Media
Agustus 2022 - Agustus 2022
Pustakawan
Perpustakaan RSUP Dr.Kariadi • Magang
Selama menjalani program magang di Perpustakaan RSUP Dr. Kariadi, saya terlibat dalam berbagai aktivitas pengelolaan koleksi perpustakaan. Aktivitas tersebut meliputi proses inventarisasi, klasifikasi menggunakan sistem Dewey Decimal Classification (DDC), kemudian tahapan labeling, dan menyusun koleksi di rak (shelving) sesuai dengan urutan sistem klasifikasi yang berlaku untuk memastikan koleksi tertata rapi dan mudah diakses oleh pengguna. Dan berhasil mengelola lebih dari 200 koleksi di tiga perpustakaan RSUP Dr. Kariadi. Selain itu, saya juga menyelenggarakan acara lomba perayaan 17 Agustus yang melibatkan staf perpustakaan dan rumah sakit, guna memperkuat kolaborasi dan semangat kebersamaan. Pengalaman ini memperkaya pemahaman saya dalam pengelolaan koleksi perpustakaan secara efektif serta meningkatkan kemampuan koordinasi dan manajemen acara.
Februari 2022
Professional Document Control ISO 9001:2015 ; ISO 14001:2015 & ISO 45001:2018
International Accreditation Service, Inc. (IAS) • SCK/01/PWP/22/62/2516