Tentang MAGENTA

Kementerian BUMN bersinergi dengan seluruh BUMN di Indonesia untuk dapat memberikan kesempatan magang bagi mahasiswa dan fresh graduate baik lulusan dalam negeri maupun luar negeri.

Selengkapnya

Seleksi dan Penerimaan

Cara Melihat Status Pendaftaran
Curriculum Vitae

Dhimas Kurniawan

Dhimas Kurniawan

Kab. Asahan
Terakhir login 19 jam yang lalu

Portfolio
Media Social

Menjadi profesional IT yang tidak hanya andal secara teknis dalam bidang teknologi informasi, pengembangan web, dan desain grafis, tetapi juga mampu memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan sosial, lingkungan, dan masyarakat melalui inovasi digital yang solutif dan inklusif. Saya memiliki visi untuk berkarir di perusahaan BUMN sebagai bentuk kontribusi langsung terhadap pembangunan nasional. Melalui program Magenta BUMN, saya ingin memulai perjalanan karir di lingkungan kerja yang profesional dan berdampak luas, sembari mengembangkan kompetensi, integritas, serta semangat pengabdian demi kemajuan teknologi yang menyentuh berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia.

Sedang berjalan
UIN Sumatera Utara, Medan

S1 Ilmu Komputer IPK 3.60

September 2025 - Sekarang
Ketua Umum

Paguyuban KSE UIN Sumatera Utara Medan Organisasi

Menjabat sebagai Ketua Umum Paguyuban KSE UIN Sumatera Utara sejak September 2024, saya memimpin organisasi yang menjadi wadah bagi para penerima beasiswa Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) di UINSU. Paguyuban ini berfokus pada pengembangan karakter, kepemimpinan, dan kontribusi sosial mahasiswa. Dalam peran ini, saya bertanggung jawab mengelola 57 anggota aktif serta mengarahkan berbagai program sosial, pengembangan diri, dan pengabdian masyarakat. Saya turut menginisiasi sejumlah program berdampak seperti pengembangan desa eco wisata, edukasi digital, dan pelatihan literasi teknologi. Selain itu, saya mewakili paguyuban dalam berbagai forum nasional KSE serta membangun kolaborasi dengan mitra eksternal seperti INALUM, BCA, BNI dan Perusahaan atau komunitas lainnya. Kepemimpinan saya difokuskan pada pembentukan budaya organisasi yang kolaboratif dan berorientasi solusi, dengan tujuan menghadirkan kontribusi nyata kepada masyarakat melalui pendekatan teknologi dan sosial.


Media
Lihat Media

Juni 2025 - Juni 2025
Designer dan Developer Website Comunity Development Pantai Sejarah Batubara Mangrove Park

PT Indonesia Asahan Aluminium Project Base

Merancang dan mengembangkan website Pantai Sejarah – Batubara Mangrove Park sebagai media promosi wisata dan edukasi wisata berbasis konservasi mangrove. Website mendukung program community development dan UMKM binaan PT INALUM di kawasan pesisir Kabupaten Batubara.


Media
Lihat Media

Oktober 2024 - Oktober 2024
Designer dan Developer Website Comunity Development Horas Eco Wisata

PT Indonesia Asahan Aluminium Project Base

Sebagai Designer dan Developer Website untuk program Community Development Horas Eco Wisata, saya merancang dan membangun platform digital yang mendukung pengembangan wisata Air Terjun Ponot—salah satu destinasi alam tertinggi di Indonesia yang terletak di kawasan Paritohan, Sumatera Utara. Proyek ini merupakan bagian dari inisiatif pemberdayaan masyarakat yang berada di bawah naungan PT INALUM, dengan tujuan utama mengangkat potensi wisata lokal sekaligus mengembangkan UMKM di sekitarnya.

Website yang saya kembangkan menjadi media promosi terpadu untuk memperkenalkan daya tarik wisata Air Terjun Ponot dan berbagai produk UMKM binaan, serta menampilkan informasi kegiatan komunitas, galeri visual, dan integrasi media sosial. Proyek ini tidak hanya berfokus pada aspek teknologi, tetapi juga berkontribusi dalam strategi penguatan ekonomi masyarakat melalui wisata berkelanjutan dan digitalisasi usaha lokal.


Media
Lihat Media

September 2024 - Oktober 2024
IT Development

Myriad USA Magang

Berpartisipasi dalam program magang nasional yang diadakan oleh Myriad USA dengan fokus pada pengembangan Tempat Sampah Pintar (Smart Trash Bin). Dalam proyek ini, saya bersama tim merancang, membangun, dan mengimplementasikan sebanyak 6 unit tempat sampah pintar yang dilengkapi dengan sensor pendeteksi jenis sampah, volume sampah, indikator kapasitas penuh, dan sistem notifikasi berbasis IoT.
Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan sampah di lingkungan perkotaan melalui teknologi sederhana namun berdampak. Selain pengembangan perangkat, saya juga turut dalam dokumentasi, penyusunan laporan teknis, dan simulasi penggunaan alat kepada masyarakat.


Media
Lihat Media

Mei 2024 - Mei 2024
Delegasi TFI

Karya Salemba Empat Project Base

Mengikuti pelatihan intensif dan implementasi teknologi bertema Technology For Indonesia yang berfokus pada pengembangan solusi teknologi tepat guna untuk kebutuhan masyarakat. Dalam kegiatan ini, saya terlibat dalam:

Pembekalan teknis dan praktis terkait pengembangan solusi berbasis IoT, pengelolaan energi, dan teknologi terapan di bidang lingkungan dan sosial.

Kolaborasi lintas kampus 35 PTN Se Indonesia dan tim untuk merancang inovasi teknologi sederhana, seperti Tempat Sampah Pintar, guna mendukung pengelolaan sampah yang efisien dan edukatif.

Penerapan langsung hasil inovasi di masyarakat dengan pendekatan sosial dan berbasis keberlanjutan.


Media
Lihat Media
September 2024
Junior Web Developer Vocational School Graduate Academy Digital Talent Scholarship 2024

Kementerian Komunikasi dan Informasi 19383691040-21/VSGA/BLSDM.Kominfo/2024

Saya telah menyelesaikan pelatihan Junior Web Developer dalam program Vocational School Graduate Academy (VSGA) yang merupakan bagian dari Digital Talent Scholarship 2024, diselenggarakan oleh BBPSDMP Kominfo Medan. Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 4 Juli hingga 21 Agustus 2024 dengan total durasi 90 jam pelatihan. Materi yang diberikan mencakup berbagai aspek pengembangan web, antara lain pemahaman dan implementasi antarmuka pengguna (UI), penerapan perintah eksekusi berbasis teks, grafik, dan multimedia, serta penyusunan fungsi dan sumber daya pemrograman secara terstruktur. Peserta juga dilatih untuk menulis kode dengan mengikuti prinsip dan praktik terbaik (best practices), mengimplementasikan konsep pemrograman terstruktur, serta memanfaatkan pustaka (library) dan komponen yang telah tersedia. Sertifikat pelatihan ini ditandatangani secara elektronik oleh Kepala Badan Pengembangan SDM Kominfo, Hary Budiarto, pada 1 September 2024, dan dilengkapi dengan sertifikat digital resmi dari BSSN melalui Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE).


Media
Lihat Media

Februari 2024
Junior Graphic Designer Vocational School Graduate Academy Digital Talent Scholarship

Kementerian Komunikasi dan Informasi 19373481040-35/VSGA/BLSDM.Kominfo/2024

Mengikuti pelatihan intensif selama 24 jam sebagai Junior Graphic Designer dalam program Digital Talent Scholarship 2024 yang diselenggarakan oleh KOMINFO melalui BBPSDMP Medan. Pelatihan ini membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan dasar desain grafis, termasuk prinsip desain visual, teori warna, tipografi, serta penggunaan perangkat lunak desain seperti Adobe Illustrator dan Photoshop. Program ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi digital lulusan sekolah vokasi agar siap terjun ke dunia kerja kreatif dan industri digital. Selama pelatihan, peserta juga mempelajari alur kerja desain profesional, membangun portofolio, dan memahami kebutuhan desain di berbagai sektor industri.


Media
Lihat Media

Februari 2024
ASEAN Data Science Explorers 2024 Enablement Session

ASEAN DATA SCIENCE EXPLORERS No. 238/SERT/24-DSI-04/IV/2024

telah mengikuti ASEAN Data Science Explorers 2024 Enablement Session yang diselenggarakan secara daring oleh ASEAN Foundation bekerja sama dengan SAP Southeast Asia dan Dampak Sosial Indonesia. Pelatihan ini mencakup dua topik utama, yaitu Data Analytics dan App Development, dengan total durasi 260 menit.


Media
Lihat Media

September 2023
Video Content Creator Thematic Academy

Kementerian Komunikasi dan Informasi 19469531040-31/TA/BLSDM.Kominfo/2023

Menyelesaikan pelatihan intensif selama 32 jam sebagai Video Content Creator dalam program Thematic Academy Digital Talent Scholarship 2023. Program ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) untuk meningkatkan keterampilan digital masyarakat, khususnya dalam produksi konten video yang kreatif dan komunikatif. Materi pelatihan mencakup perencanaan konten, penulisan naskah, teknik pengambilan gambar, editing video, serta strategi distribusi di platform digital seperti YouTube, Instagram, dan TikTok. Pelatihan ini juga membekali peserta dengan pemahaman dasar tentang storytelling visual dan penggunaan perangkat lunak editing seperti Adobe Premiere atau CapCut.


Media
Lihat Media

Januari 2021
Smart Study Microsoft Office ( Microsoft Word, Excel & PowerPoint )

Smart Study Center 003/SSC-AS/I/2021

Saya telah mengikuti dan menyelesaikan pelatihan Microsoft Office yang diselenggarakan oleh Smart Study Center Kisaran pada tanggal 4 April hingga 4 Mei 2021. Dalam pelatihan ini, saya berperan sebagai peserta dan berhasil meraih predikat “Sangat Baik”. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam mengoperasikan perangkat lunak Microsoft Office yang meliputi pengolahan dokumen, pengolahan angka, dan presentasi. Sertifikat ini diterbitkan oleh Smart Study Center Kisaran dan ditandatangani oleh pimpinan lembaga serta instruktur pelatihan pada tanggal 7 Mei 2021.


Media
Lihat Media
November 2024
Mahasiswa Berprestasi

UIN Sumatera Utara Medan B-05968/Un.11.R/PBI/PP.00.9/2024

Menerima penghargaan sebagai Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional dari Rektor UIN Sumatera Utara atas capaian prestasi akademik dan non-akademik di tingkat nasional. Penghargaan ini diberikan dalam rangka peringatan Dies Natalis ke-51 UIN Sumatera Utara sebagai bentuk apresiasi terhadap kontribusi mahasiswa dalam membawa nama baik kampus melalui kompetisi, karya inovatif


Media
Lihat Media

Agustus 2023
JUARA III Video Creative BRI Mobile Investment Management

Bank Republik Indonesia BRI 035/KSE/PRESTASI/BRI-MI/VII/2023

Meraih Juara 3 dalam Lomba Video Kreatif yang diselenggarakan oleh KSE bekerja sama dengan BRI Manajemen Investasi, dengan tema edukasi keuangan dan investasi digital. Dalam kompetisi ini, saya membuat konten video pendek yang bertujuan mengedukasi generasi muda tentang pentingnya perencanaan keuangan dan investasi sejak dini melalui platform BRI Mobile.


Media
Lihat Media

Juni 2023
Mahasiswa Berprestasi

UIN Sumatera Utara Medan B-059743/Un.11.R/PBI/PP.00.9/2023

Meraih Juara III dalam Lomba Video Kreatif Investasi yang diselenggarakan oleh BRI Mobile bekerja sama dengan UIN Sumatera Utara. Dalam kompetisi ini, saya memproduksi konten video bertema investasi yang komunikatif dan edukatif, dengan pendekatan storytelling visual yang disesuaikan untuk generasi muda. Video ini mempromosikan pentingnya literasi keuangan dan kemudahan investasi melalui platform digital BRI Mobile. Karya ini tidak hanya mendapat apresiasi di tingkat kampus, tetapi juga menjadi bagian dari kontribusi kreatif dalam mendukung program inklusi keuangan digital di lingkungan mahasiswa.


Media
Lihat Media
Hard Skills:
Desain Grafis
Keamanan Informasi
Pengembangan Web

Soft Skills:
Kepemimpinan
Kemampuan komunikasi
Kejujuran