Curriculum Vitae

Ken Nafilahshafa Sahatisae
Saya memiliki latar belakang di bidang Teknik Perkapalan dan aktif mengikuti kompetisi desain kapal tingkat nasional maupun internasional. Terbiasa bekerja dalam tim melalui berbagai kegiatan lomba dan organisasi serta mandiri dalam menjalankan bisnis kecil. Dari pengalaman tersebut, saya terbiasa mengelola data secara sistematis menggunakan spreadsheet atau Microsoft Excel untuk berbagai keperluan seperti operasional, pencatatan, hingga pelaporan. Saya antusias mempelajari hal baru dan siap memberikan kontribusi nyata di lingkungan kerja profesional.
September 2025
Universitas Indonesia
S1 • Teknik Perkapalan • IPK 3.69
Juli 2024 - Agustus 2024
Technology & Quality Assurance
PT PAL Indonesia • Magang
Membantu dalam proses pendokumentasian dan pengarsipan kegiatan inspeksi kapal, yang mencakup pemeriksaan rantai jangkar, Ultrasonic Test (UT), Non-Destructive Test (NDT), serta verifikasi nomor seri material. Selain itu, berkesempatan mengamati langsung proses pengujian dan penggantian komponen selama perbaikan kapal sekaligus mempelajari prosedur inspeksi komponen dan penerapan regulasi di lingkungan galangan kapal.
Media

Januari 2025
Juara 3 International Student Design Competition
Worldwide Ferry Safety Association • -
Pada kompetisi ini, Tim Nagapasa UI mendesain kapal inovatif bernama MV Ignia, sebuah feri listrik berkelanjutan yang dirancang untuk meningkatkan mobilitas masyarakat di Lagos, Nigeria, dengan kapasitas 200 penumpang dan melintasi rute strategis antara Ikorodu dan CMS.
Saya bertanggung jawab dalam menyusun output laporan akhir, presentasi, serta poster sesuai dengan ketentuan lomba. Selain itu, saya juga mengerjakan bagian cost estimation (CAPEX & OPEX) termasuk perhitungan harga tiket dan analisis payback period.
Media

Juli 2024
Juara 3 International Student Design Competition
Worldwide Ferry Safety Association • -
Pada kompetisi ini, Tim Nagapasa UI mendesain kapal bernama MV Omnia dengan tipe flat monohull barge. Kapal rancangan kami mampu menampung 10 kru, 170 penumpang, 16 mobil, serta kargo agrikultural. Kapal ini dibangun menggunakan konsep pre-cut yang memudahkan pengangkutan dan perakitan bagian-bagian konstruksi dari MV Omnia dan mampu mengurangi biaya produksi hingga diperkirakan hanya sebesar $1,5 juta. Saya bertanggung jawab dalam menyusun output laporan akhir, presentasi, serta poster sesuai dengan ketentuan lomba. Selain itu, saya juga mengerjakan bagian cost estimation (CAPEX & OPEX) termasuk perhitungan harga tiket dan analisis payback period.
Media
