Curriculum Vitae

Dina Aninda
Saya adalah mahasiswi semester 6 universitas Muhammadiyah Cirebon jurusan manajemen fakultas ekonomi dan bisnis, kegiatan saya yaitu aktif dalam mengikuti program diluar kampus seperti seminar atau webinar nasional serta mengikuti program pembelajaran ataupun pelatihan kelas online untuk mengembangkan soft skill dan menambah luas wawasan di masa mendatang. Sebagai seorang jurusan ekonomi, saya sangat tertarik dengan dunia marketing dan Saya percaya bahwa kombinasi pengetahuan manajemen dan keterampilan digital marketing adalah kunci untuk kesuksesan dalam era digital ini. Saya selalu bersemangat untuk belajar dan berkolaborasi dalam proyek-proyek yang melibatkan strategi pemasaran online, analisis data, dan pengembangan merek. Saya berharap dapat terus berkembang dan berkontribusi dalam industri ini, serta menjalin koneksi dengan para profesional dalam jaringan saya. Adapun visi karir yang saya miliki yaitu Menjadi profesional pemasaran yang sukses, kreatif, dan inovatif dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan penjualan, dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Dengan visi karir yang saya memiliki adapun minat karir saya dalam bidang: Digital Marketing dan Brand Management <br /> Minat karir saya sejalan dengan jurusan kuliah yang saya ambil yaitu manajemen pemasaran.
Sedang berjalan
Universitas Muhammadiyah Cirebon
S1 • Manajemen Bisnis • IPK 3.70
Juni 2022
SMKN 1 JAMBLANG
SMA/SMK • Perbankan dan Keuangan • Nilai rata-rata: 88.49
Februari 2025 - Maret 2025
Relawan pajak renjani
Direktorat jenderal pajak • Magang
Saya pernah mengikuti program yang di adakan oleh direktorat jenderal pajak yaitu relawan pajak renjani selama 2 bulan, adapun job desk yang saya lakukan yaitu:
1. Edukasi Perpajakan
Memberikan pemahaman dasar tentang pajak dan menyampaikan informasi terkini terkait SPT dan e-filing kepada wajib pajak.
2. Asistensi Pelaporan SPT
Membantu wajib pajak dalam pengisian SPT melalui e-filing serta pendampingan registrasi akun DJP Online.
3. Administrasi dan Pelaporan
Menyusun laporan harian, mencatat jumlah wajib pajak yang dibantu, dan mengarsipkan dokumen serta kendala yang ditemui.
Media

September 2024 - Oktober 2024
Unit SDM dan umum
PT Kereta Api Indonesia (Persero) • Magang
Melakukan magang mandiri selama 1 bulan di PT ΚΑΙ Daop 3 Cirebon unit SDM dan umum, saya mendapat banyak pengalaman terkait dunia kerja yang bertujuan untuk memaksimalkan sumber daya manusia sebagai aset utama perusahaan. Dari hasil yang diperoleh selanjutnya yaitu saya bisa meningkatkan kemampuan dalam menginput data, memaksimalkan penggunaan Excel dan juga mengatur dan mengelola dokumen, melakukan arsip dokumen pegawai, mendistribusikan dokumen pengajuan dana, ke unit lain seperti unit Anggran, dan unit keuangan. Pengalaman lain yang saya dapatkan yaitu dapat mengikuti kegiatan Diklap yang menjadi agenda dari unit SDM dengan peserta pegawai/karyawan KAI lainnya. Dalam mengikuti kegiatan diklap ini, saya bisa meningkatkan kemampuan dan pengetahuan praktikum dalam berbagai aspek keahlian, seperti mendapat peningkatan keahlian dalam membuat soal-soal di Gfrom, merekap nilai, membuat ISO Laporan, JP (Jam Pelajaran) Mengajar, Dokumentasi, dan Scan Absensi yang dibutuhkan dalam Diklap. Dalam keterlibatan ini, membuat saya mendapat feedback dari peserta diklap serta pengalaman yang belum didapatkan selama di dunia kerja.
Media
September 2024 - Sekarang
Anggota aktif
YRI (Youth Ranger Indonesia) • Organisasi
Youth Ranger Indonesia adalah organisasi luar kampus berupa platform pengembangan potensi pemuda Indonesia yang bertujuan sebagai wadah pengembangan diri dari pelatihan softskill bagi pemuda yang ada di Indonesia. Beberapa program YRI diantaranya NGOBRAS PEMUDA , Diskusi pemuda, Tokoh kita, Vlog pemuda, Mentoring Pemuda, dan program branding pemuda lainnya.
Media

Oktober 2023 - Maret 2025
Kasir, kitchen, dan frontline coffe
Mantera coffe corner • Part Time
Saya pernah bekerja di suatu kedai kopi yaitu mantera coffe corner saya memliki 3 jabatan posisi yaitu sebagai bagian kitchen, frontline, dan kasir, adapun tugas yang saya lakukan yaitu:
1. Tugas bagian kitchen
- Menyiapkan dan memasak makanan sesuai pesanan.
- Mengelola stok bahan baku dan memastikan kebersihan dapur.
- Mengawasi kualitas produk yang disajikan.
2. Tugas bagian Kasir:
- Mengelola transaksi pembayaran dengan akurat dan efisien.
- Menghitung pembayaran pelanggan dan memberikan kembalian yang tepat.
- Mengelola pembayaran digital.
3. Tugas Frontline :
- Melayani pelanggan dengan ramah dan profesional.
- Mengambil pesanan pelanggan dan memastikan bahwa pesanan tersebut akurat.
- Menghidangkan kopi dan makanan kepada pelanggan dengan cepat dan efisien.
Media

Juli 2022 - Januari 2024
Kasir & frontline
Coffe walik • Part Time
Saya pernah memiliki pengalaman kerja sebagai kasir dam frontline di salah satu kedai coffe yaitu coffe walik, adapun job desk yang saya lakukan:
1. Melayani pelanggan dengan ramah dan profesional.
2. Mengelola transaksi pembayaran dengan akurat dan efisien.
3. Mengambil pesanan pelanggan dan memastikan bahwa pesanan tersebut akurat.
4. Menghidangkan makanan dan minuman kepada pelanggan dengan cepat dan efisien.
5. Menjawab pertanyaan pelanggan tentang menu, harga, dan lain-lain.
Media

September 2024
Pelatihan pijar mahir(Microsoft excel)
Pijar mahir • 2024/09/3196/1115118
Saya telah mengikuti pelatihan pijar mahir adapun pembelajaran yang saya dapat yaitu:
1. dikenalkan dengan fitur Microsoft Excel secara keseluruhan
2. mengenal fungsi rows (baris) dan column (kolom) di excel
3. mengetahui fungsi dan penggunaan cells
4. mengetahui berbagai cara formatting di excel
5. mengetahui berbagai rumus (formulas) yang ada di Excel dengan mudah
6. mengetahui cara menggunakan tabel di Excel
7. mengetahui teknis-teknis dasar dalam pembuatan Charts
8. mengetahui teknis-teknis dasar dalam Pivot Tables
9. mengetahui cara membagikan dokumen Excel, serta melindungi dokumen dalam Excel
Media
September 2024
Course digital marketing RevoU
RevoU • -
Saya telah mengikuti pembelajaran selama 2 minggu tentang digital marketing, adapun materi yang saya pelajari:
1. Mempelajari konsep-konsep utama digital marketing untuk dipraktikkan dalam pekerjaan sehari-hari,
2. Belajar dari konten yang telah dilokalisasi untuk pasar Asia Tenggara, khususnya Indonesia,
3. Mempelajari apakah karir digital marketing bisa jadi pilihan yang tepat untuk Mulai belajar tentang digital marketing sebagai persiapan untuk mengikuti Program Digital Marketing RevoU
Media
Agustus 2024
My skill short class salles & Business development - Creating Business Pitch Deck
PT LINI MUDA INSPIRASI NEGERI • 176826/BDM/LM/2024
1. Sales Marketing Fundamentals: Menguasai dasar-dasar penjualan, termasuk strategi untuk mencari, menarik minat dan mempertahankan pelanggan.
2. Business Development Strategy: Mengembangkan strategi pengembangan bisnis untuk memperluas pasar dan meningkatkan pertumbuhan bisnis.
3. Getting Prospective Clients: Menemukan dan mendekati calon klien yang potensial untuk meningkatkan jumlah pelanggan.
4. Sales Funnel Management: Mengelola dan mengoptimalkan saluran penjualan dari awal hingga akhir untuk meningkatkan konversi penjualan.
5. Pitching, Negotiation & Closing: Memahami teknik presentasi, negosiasi, dan dealing.
6. penjualan untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan.
7. Customer Relationship Management (CRM): Mengelola hubungan dengan pelanggan menggunakan alat CRM untuk meningkatkan retensi dan kepuasan pelanggan.
Media
Januari 2024
short class My skill _ product management- Introduction to project management
PT LINI MUDA INSPIRASI NEGERI • 175538/PDM/LM/08/2024
Saya telah mengikuti pelatihan bootcamp my skill adapun pembelajaran yang saya dapat yaitu:
1. Product Management Memahami dasar manajemen produk digital / software, seperti merencanakan aplikasi atau website, mengembangkan fitur-fiturnya hingga dirilis ke pasar.
2. Project Management Memahami prinsip dan teknik manajemen proyek untuk merencanakan, melaksanakan, dan menyelesaikan pengembangan software.
3. Scrum Framework Memahami cara kerja tim yang efektif dalam mengembangkan software dengan metode yang terstruktur.
4. Product Requirement Document (PRD) Mempelajari cara membuat dokumen perancangan aplikasi, website atau fitur yang jelas dan rinci agar semua tim memahaminya.
5. Market Research and Analysis Memahami teknik riset pasar untuk mengetahui kebutuhan pelanggan, tren industri, dan peluang pasar sebelum mengembangkan software-nya.
6. Product Roadmapping Menguasai pembuatan timeline dari pengembangan aplikasi atau website untuk merencanakan pengembangan fitur dan strategi jangka panjang.
Media
Januari 2023
My skill_ Procuct roadmap and introduction to PRD
PT LINI MUDA INSPIRASI NEGERI • 23528/PDM/LM/02/2023
Saya mengikuti pelatihan boot camp dari my skill pembelajaran yang saya dapat yaitu:
1. Belajar proses perencanaan strategis pembentukan sebuah produk karena Product roadmap tersebut adalah ‘kunci jitu’ bagi seorang Product Manager untuk mempresentasikan visi & misi yang dibentuk kepada pemangku kepentingan (stakeholders) yang ada.
2. Belajar mengenai fungsi dalam membantu mengkomunikasikan produk yang sedang dibentuk dan alasan dari dibentuknya produk tersebut agar menjadi lebih mudah dipahami.
3. Belajar memahami dapat mengetahui pemrioritasan yang dapat dilakukan untuk mencapai kesuksesan pengembangan produk. Dan untuk menentukan prioritasnya tentu saja harus didasari oleh data dan dibuat seobjektif mungkin.