Curriculum Vitae

Dian Syafilla Rakhman
An Informatics student with a passion for exploring innovative ideas, especially in the arts and technology fields. Experienced as a web and mobile designer, automated testing, lecture assistant, and project manager. With a strong background in technology and creativity, I aim to contribute to impactful digital solutions
Sedang berjalan
Telkom University
S1 • Teknik Informatika • IPK 3.72
Februari 2025 - Juni 2025
Internship - Software Engineer Tester PT Len Industri (Persero)

PT Len Industri (Persero) • Magang
Januari 2024 - Januari 2024
UI/UX Designer
HUMiC Engineering • Magang
Selama proses magang, saya bertanggung jawab untuk merancang ulang website Symptosense, sebuah website katalog produk HUMIC Engineering yang berbasis teknologi kecerdasan buatan (AI) dan dirancang untuk memberikan solusi kesehatan kepada pengguna. Dalam memastikan bahwa desain website sesuai dengan kebutuhan pengguna, saya melakukan pengujian menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) kepada 31 responden. Hasil pengujian menunjukkan bahwa website ini berada pada tingkat yang sangat baik di semua aspek pengalaman pengguna, mencakup aspek daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketergunaan, dan kepuasan pengguna. Pengalaman ini memberikan saya wawasan mendalam dalam pengembangan dan pengujian desain berbasis kebutuhan pengguna.
Media
Juli 2023 - Agustus 2024
Web Designer
Mobile Innovation Labotary • Organisasi
Bersama team website lainnya merancang ulang tampilan antarmuka website Mobile Innovation Labotary agar nantinya dapat digunakan untuk rekruitasi anggota lab selanjutnya. selain itu menjadi mentor pada kegiatan study group dan Motion Hack.
Media

November 2021
Junior Graphic Designer
BNSP • 741002166134012021
Saya mengikuti pelatihan sebagai Junior Graphic Designer yang merupakan bagian dari Program Vocational School Graduate Academy yang diselenggarakan oleh Digital Talent Scholarship selama dua bulan. Dalam pelatihan ini, saya mempelajari berbagai aspek desain grafis, termasuk prinsip dasar grafis, penyusunan design brief, pengoperasian perangkat lunak desain grafis berbasis vektor dan bitmap, serta perancangan berbagai media seperti poster, brosur, kemasan produk (product packaging), dan logo. Pelatihan ini memberikan pengalaman praktis dalam menghasilkan karya desain yang efektif dan menarik, sekaligus meningkatkan keterampilan teknis di bidang desain grafis.
Media

Februari 2023
Juara 3 Motion Hack 2.0
Mobile Innovation Laboratory x DINOTIS • -
Saya dan tim berhasil meraih juara 3 dalam sebuah kompetisi dengan mengembangkan aplikasi Healthy.in+, sebuah platform kesehatan yang dirancang untuk membantu pengguna mengatasi berbagai permasalahan kesehatan. Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur unggulan, seperti Webinar, yang menyediakan berbagai webinar interaktif tentang topik kesehatan pilihan yang dapat diakses langsung oleh pengguna, Konsultasi Dokter, yang memungkinkan pengguna berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mendapatkan solusi yang akurat, serta fitur Membaca Artikel, yang menyediakan berbagai artikel edukatif tentang kesehatan yang dapat diakses secara gratis. Pengembangan Healthy.in+ memberikan saya pengalaman berharga dalam menciptakan solusi berbasis teknologi di bidang kesehatan, sekaligus meningkatkan keterampilan kolaborasi tim dan inovasi dalam memenuhi kebutuhan pengguna.
Media

Januari 2023
Juara 2 AI For Accessibility Hackathon
Microsoft Indonesia x Telkom University • 270/AKD6/IF-DEK/2023
Saya dan tim berhasil meraih juara 2 dalam kompetisi AI For Accessibility Hackathon, sebuah lomba yang bertujuan untuk mengembangkan solusi inovatif berbasis kecerdasan buatan (AI) guna meningkatkan aksesibilitas bagi individu dengan kebutuhan khusus. Dalam kompetisi ini, kami bekerja sama untuk merancang dan mengimplementasikan solusi kreatif yang berfokus pada penyandang disabilitas tunanetra. Kami menciptakan prototipe tongkat pintar yang terintegrasi dengan aplikasi, memungkinkan pengguna untuk melacak keberadaan tongkat tersebut saat sedang digunakan. Pengalaman ini memberikan saya wawasan mendalam tentang kolaborasi tim, pemecahan masalah, serta penerapan teknologi AI untuk menciptakan solusi yang berdampak positif bagi masyarakat.
Media

Januari 2023
Juara 2 Mini Hackathon Challenge Competition
BFI Finanace x Arkavidia 8.0 • -
Saya dan tim berhasil meraih juara 2 dalam sebuah kompetisi yang berfokus pada menciptakan product design dengan mempertimbangkan prioritas strategi pemasaran, yaitu push vs pull marketing. Dalam kompetisi ini, kami mengembangkan sebuah konsep aplikasi keuangan yang dirancang untuk membantu pengguna mengakses layanan finansial yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan kemudahan dalam pengelolaan keuangan, termasuk merencanakan tabungan masa depan seperti membeli rumah, pendidikan, atau pensiun. Selain itu, aplikasi ini juga membantu pengguna memilih investasi yang tepat, sehingga mereka dapat merencanakan keuangan dengan lebih baik. Kompetisi ini memberikan saya pengalaman berharga dalam desain produk, analisis strategi pemasaran, dan penerapan solusi inovatif untuk kebutuhan masyarakat.
Media

Januari 2022
Juara 2 UI/UX Accounting Information System Competition
PENRISTEK Himpunan Mahasiswa Diploma Sistem Informasi Akuntansi • SRT/00031/PER/HIMADISA/FIT/2022/JUARA
Saya dan tim berhasil meraih juara 2 dalam sebuah kompetisi dengan menciptakan prototipe aplikasi pembelajaran bahasa isyarat Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI). Aplikasi ini dirancang dengan elemen gamifikasi untuk meningkatkan minat dan keterlibatan pengguna dalam belajar bahasa isyarat. Fitur-fitur yang kami kembangkan meliputi flip card sebagai kamus interaktif, kuis untuk menguji pemahaman, serta deteksi gerakan tangan berbasis teknologi untuk membantu pengguna mempelajari isyarat dengan lebih praktis. Proyek ini memberikan saya pengalaman dalam pengembangan aplikasi inovatif, kolaborasi tim, serta menciptakan solusi edukatif yang bermanfaat bagi masyarakat.
Media
