Curriculum Vitae

Sukma Lestari
Saya adalah lulusan S1 Manajemen dari Universitas Nasional dengan IPK 3.83. Saya pernah magang di PLN Icon Plus dan PT Asuransi Umum Bumiputera Muda. Di PLN Icon Plus, saya berhasil menginput lebih dari 100 data calon pelanggan, menyusun lebih dari 20 dokumen administratif setiap minggu, serta mendukung dua kampanye promosi melalui analisis pasar. Selain itu, saya menangani komunikasi pelanggan 100–200 pertanyaan per minggu serta melakukan 30–70 outbound call per hari untuk follow-up. Di PT Asuransi Umum Bumiputera Muda, saya memperbarui data lebih dari 60 karyawan dan mendukung kelancaran audit internal tanpa kehilangan dokumen. Aktif di organisasi PMII sebagai Staf Biro Kajian dan Diskusi, terbiasa merancang forum, menyusun notulensi, serta mengasah komunikasi dan kerja tim. Menguasai Microsoft Excel (Pivot Table, VLOOKUP, HLOOKUP, IF, COUNT), software akuntansi (MYOB, Zahir), Google Workspace, dan Canva. Dikenal sebagai pribadi teliti, adaptif, dan siap berkontribusi melalui pengelolaan data dan administrasi yang efisien.
Maret 2025
UNIVERSITAS NASIONAL JAKARTA
S1 • Manajemen • IPK 3.83
Desember 2023 - Maret 2024
Staff Magang Pemasaran
PT PLN ICON Plus • Magang
1. Menginput lebih dari 100 data calon pelanggan dan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan untuk mendukung tim penjualan.
2. Mengelola dan menyusun lebih dari 20 dokumen administratif setiap minggu serta menyiapkan laporan harian dan mingguan secara
konsisten.
3. Menangani komunikasi pelanggan melalui WhatsApp, telepon, dan media sosial, menjawab 100–200 pertanyaan per minggu.
4. Melakukan outbound call 30–70 panggilan per hari untuk follow up pelanggan dan mendukung proses penjualan.
5. Melakukan analisis pasar dan menyusun laporan yang mendukung 2 kampanye promosi selama masa magang.
Media
Januari 2020 - Maret 2020
Staff Magang Manajemen SDM
PT Asuransi Umum Bumiputera Muda • Magang
1. Memperbarui dan menjaga akurasi data karyawan (lebih dari 60 orang) menggunakan Excel.
2. Menyusun dan mengarsipkan dokumen HR dan administrasi, baik dalam bentuk fisik maupun digital, tanpa kehilangan dokumen saat
audit internal.
3. Membantu pencatatan absensi harian dan perhitungan lembur untuk rata-rata 40 karyawan per minggu.
Media
Agustus 2024
Sertifikat Kompetensi Pendamping UMKM
Lembaga Sertifikasi Profesi Perkoperasian Indonesia (LSP Perkoperasian Indonesia) • 70209.2421.3.0002251.2024
Sertifikat ini membuktikan bahwa saya memiliki keterampilan dalam mendampingi UMKM, mulai dari menganalisis masalah dan kebutuhan mereka, membuat rencana pendampingan, hingga mengevaluasi hasilnya. Saya juga belajar membantu UMKM dalam menerapkan manajemen dasar, menyusun rencana bisnis, dan membuat laporan keuangan. Dengan sertifikat ini, saya memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana membantu UMKM berkembang melalui perencanaan dan pengelolaan usaha yang lebih baik.
Media
Juli 2024
Pelaksana Manajemen Risiko Berkualifikasi (Qualified Risk Management Officer - QRMO)
Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) • 70209.4110.0020626.2024
Sertifikat ini menunjukkan bahwa saya punya kemampuan di bidang manajemen risiko sesuai dengan standar SNI ISO 31000. Dalam sertifikasi ini, saya belajar tentang prinsip dasar manajemen risiko, bagaimana cara menerapkannya dalam perusahaan, serta memahami prosesnya secara menyeluruh. Selain itu, saya juga mempelajari bagaimana mengelola risiko dalam organisasi, memahami struktur organisasi yang sesuai dengan Good Corporate Governance (GCG), dan bagaimana peran kepemimpinan dalam manajemen risiko.