Curriculum Vitae

Frisda Dita Isnaini
Saya adalah lulusan Informatika dengan pengalaman lebih dari satu tahun di bidang UI/UX Research dan Design. Memiliki keahlian dalam melakukan penelitian pengguna, pembuatan diagram dan wireframe, desain antarmuka, serta pengujian kegunaan. Saya juga menguasai berbagai tools seperti Figma, Quant UX, Maze, dan Canva untuk mendukung proses desain. Selain itu, saya memiliki pengetahuan dasar dalam pengembangan web, Python, serta kemampuan dalam menggunakan Microsoft Excel dan PowerPoint untuk analisis data dan penyajian hasil. Saya detail-oriented dan mampu bekerja secara mandiri maupun dalam tim untuk menghasilkan pengalaman pengguna yang berkualitas.
Januari 2024
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
S1 • Teknik Informatika • IPK 3.93
April 2024 - Juli 2024
UI/UX Designer
Uchi Parfume Project • Pekerja Lepas
Saya berperan sebagai UI/UX Designer yang langsung berhubungan dengan frontend dan backend developer, serta dengan klien. Proyek ini merupakan proyek membuat sistem inventoris dari toko parfum bernama Uchi Parfume. Saya berperan dalam melakukan riset pengguna melalui wawancara dengan pemilik bisnis dan meninjau versi aplikasi sebelumnya untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan serta memahami kebutuhan pengguna. Mengembangkan high fidelity prototype untuk mendukung pengembangan aplikasi pengelola toko parfum, memastikan desain sesuai dengan ekspektasi pengguna. Melakukan pembaruan rutin dengan klien untuk memastikan tujuan proyek tetap selaras dan harapan klien terpenuhi.
Juli 2023 - Maret 2024
UI/UX Researcher and Designer
RakitPC • Pekerja Lepas
Proyek ini merupakan proyek pembaruan mobile application bernama RakitPC. Saya berperan sebagai UI/UX Researcher and Designer dengan tugas menganalisis ulasan Google Play Store dan data hasil pengujian sebelumnya untuk menemukan masalah pengguna dan memahami preferensi mereka. Mengubah informasi yang didapatkan dari ulasan pengguna menjadi solusi berupa high fidelity prototype, untuk mendukung pengembangan iteratif aplikasi RakitPC agar sesuai dengan kebutuhan pengguna. Membuat pitch deck dan konten media sosial untuk meningkatkan keterlibatan merek serta mengkomunikasikan nilai produk dengan efektif.
Februari 2023 - Juni 2023
UI/UX Researcher
PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk • Magang
Saya berperan dalam 3 proyek selama proses magang menjadi UI/UX Researcher. Saya berkolaborasi dengan tim untuk mengembangkan user research plan dan melakukan wawancara mendalam dengan stakeholder untuk memahami kebutuhan pengguna, yang kemudian didokumentasikan dalam research report. Mengintegrasikan hasil user research ke dalam alur aplikasi, metadata, dan lebih dari 100 low-fidelity untuk tiga proyek, sesuai dengan design system yang ditetapkan. Melakukan usability testing dengan Quant UX, mendapatkan skor SUS 81 dan skor SEQ 9,1, yang menunjukkan kesesuaian kuat dengan pengguna. Bekerja sama dengan stake holder, project manager, developer team, system analyst dan quality assurance selama siklus pengembangan perangkat lunak (SDLC), menggunakan praktik agile Scrum untuk mendorong pengembangan.
Media
Desember 2023
Juara 1 Lomba UI/UX Dies Natalis ke-7 Fasilkom Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur • No.66/UN63.7/BEM/SRTF/IX/2023
Berkolaborasi dalam merancang ide dan desain produk digital yang selaras dengan SDG 17 untuk Lomba UI/UX dalam rangka Dies Natalis ke-7 Fasilkom Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur. Saya dan tim berfokus pada tujuan ke-2: Tanpa Kelaparan. - - ---- Melakukan penelitian menggunakan jurnal akademik dan survei untuk mengatasi limbah makanan.
- Mengembangkan konsep aplikasi LAHAP (Layanan Anti Hamburan Pangan) untuk membeli, menjual, dan berbagi makanan surplus, menciptakan alur aplikasi, sistem desain, serta prototipe low- dan high-fidelity.
- Menyusun proposal dan pitch deck untuk mempresentasikan ide produk.
Media
November 2023
Juara 1 National Start Up Competition 2023
Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Surabaya • 90014/UN38.7/DL.01.02/2023
Kompetisi ini berfokus pada pengembangan ide bisnis berbasis startup. Saya berperan sebagai bagian dari tim pengembang dengan spesialisasi sebagai UI/UX Researcher dan Designer. Dalam lomba ini, saya bertanggung jawab memperbarui desain aplikasi RakitPC, yang mencakup analisis kebutuhan pengguna, pembuatan alur aplikasi, serta prototipe. Selain itu, saya juga membuat pamflet dan pitch deck untuk memperkenalkan produk kepada juri. Bersama tim, saya turut mempresentasikan konsep dan keunggulan produk, yang berhasil membawa tim kami meraih juara pertama.